KPU Halsel Sampaikan Hasil Verifikasi Dokumen Bacalon Bupati dan Wakil Bupati

  • Whatsapp
Komisioner KPU Halmahera Selatan saat melakukan Rapat Pleno Terbuka Hasil Verifikasi Dokumen Syarat Pencalonan dan Syarat Calon Bacalon Bupati dan Wakil Bupati (Istimewa)

LABUHA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menyampaikan hasil verifikasi dokumen syarat pencalonan dan syarat bakal calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati secara langsung ke masing-masing partai politik pengusung bakal calon. Verifikasi dokumen ini dilakukan kurang lebih satu pekan.

“Tadi kami sudah sampaikan dokumen hasil verifikasi,” kata Ketua KPU Darmin Hi Hasim ketika diwawancara sejumlah wartawan di kantor KPU, Senin (14/9/2020).

Bacaan Lainnya

Darmin Hi Hasim mengatakan, dari hasil verifikasi yang dilakukan KPU, dokumen syarat pencalonan dan syarat calon pasangan bakal calon Bupati Usman Sidik dan Wakil Bupati, Hasan Ali Bassam Kasuba dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Sementara pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan belum melengkapi dua dokumen syarat calon yakni, surat tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK miliki La Ode Arfan dan surat keputusan mundur diri Helmi Umar Muchsin dari anggota DPRD Provinsi Maluku Utara dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Meski demikian syarat calon La Ode Arfan berupa tanda terima dari KPK ini akan dimasukkan kembali pada masa perbaikan ditanggal 14-16 September.

“La Ode juga dijadwalkan mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap kedua pada tanggal 21 dan 22 nanti di RSUD Hasan Boesorie Kota Ternate,” sambung Darmin.

Sementara dokumen khusus syarat calon dari kalangan anggota DPRD milik Helmi Umar Muchsin akan dimasukkan 30 hari sebelum hari pencoblosan pada tanggal 9 Desember nanti.

“Diketentuan itu akan disampaikan 30 hari sebelum hari H pencoblosan, SK-nya harus disampaikan,” cetus Darmin.

Setelah dilakukan verifikasi dokumen syarat pencalonan dan calon, langkah selanjutnya KPU melakukan pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati. Berdasarkan jadwal yang ditetapkan pelno penetapan ini dilakukan pada tanggal 23 September.

“Dan ditanggal 24 itu kita lakukan pengundian nomor urut pasangan calon,” tutup Darmin. (*)

Pos terkait