Mensos Risma Kunjungi Pengungsi Korban Banjir di Halmahera Utara

  • Bagikan
Mensos Tri Rismaharini didampingi Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba dan Bupati Halut, Frans Manery saat meninjau lokasi banjir (Ist)

TOBELO – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan kunjungan dan penyerahan bantuan sosial (bansos) kepada Korban bencana alam, tanah longsor dan banjir yang terjadi di Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Mensos RI yang tiba pada Selasa (19/01) ini menggunakan maskapai penerbangan Pesawat Air fast PK- OCF tiba di bandar udara Gamar Malamo Galela sekitar Pkl 14.30 WIT. 

Mensos sendiri didampingi langsung Dirjen Linjamsos Papen Nazarudin Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin, Danrem 152 Babulah Brigjen TNI Imam Sampurno, Kajati Malut Dr.Erryl Prima Putra Agoes dan Kabinda Malut Brigjen TNI Dudy Fristiyanto, dan Bupati Halut Frans Manery, Pjs. Sekda Kab JudiHart Noya, Kapolres Halut AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso, Dandim 1508 Tobelo Letkol Inf I Putu Eka Putra Witharsana dan Kajari Tobelo I Ketut Tarima Dharsana.

Selanjutnya, Meteri Sosial RI bersama rombongan dan Forkopimda Halut menuju lokasi pengungsian di Desa Duma serta langsung bertatap muka dengan para korban bencana alam.

Bupati Frans Maneri pada kesempatan tersebut mengatakan kehadiran Mensos RI di Halut yang terdampak banjir sangat diapresiasi, dimana secara khusus lokasi Halut yang terdampak banjir diantaranya kecamatan Galela Barat, Galela selatan dan Kao Barat. “Yang berada di Desa Duma adalah penduduk dari desa Roko yang kehilangan rumah karena longsor dan hal yang sangat urgen adalah putusnya jembatan yang menghubungkan ke beberapa kecamatan yang ada di Halut,” jelas Bupati. 

Sementara Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba sendiri juga memberikan apresiasi yanga sama dengan melihat kondisi yang dialami Kabupaten Halmahera Utara. “Kami bersyukur dengan kedatangan Menteri Sosial yang sangat cepat merespon terkait dengan adanya bencana alam di Halut,” ucapnya.

Mensos RI Tri Rismaharini dalam kunjungannya menyebutkan bahwa kunjungan yang dilakukan ke lokasi bencana alam merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk meninjau kawasan dan melihat langsung daerah yang dilanda bencana alam. 

Mensos juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan harapan secara langsung terkait dengan bencana alam yang dialami. Hal ini membuat masyarakat Desa Ruko kemudian menyampaikan bahwa dengan kehadiran Mensos dengan harapan agar merelokasi desa. Pasalnya setiap kali terjadi musim hujan turun dipastikan desa kami merasakan dampak. Terkait dengan keluhan tersebut, Mensos juga berharap bahwa untuk merelokasikan sebuah desa diperlukan waktu dan rencana yang matang. “Saya akan berupaya secepat mungkin dan diharapkan kesabaran dari masyarakat,” jelas Mensos. 

Selanjutnya, Mensos kemudian menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Halut dan Gubernur untuk dapat disalurkan kepada masyarakat terdampak bencana alam. 

Setelah dari tempat pengungsian, kemudian Menteri beserta rombongan Kementerian Sosial RI dan Forkopimda Halut juga menyempatkan diri untuk melihat lokasi ambruknya jembatan Kali Tiabo di desa Ngidiho Kecamatan Galela Barat. Sedangkan pada Pkl. 15.50 Wit Mensos beserta rombongan kembali di Bandara Gamar Malamo Galela dan langsung kembali Ke Ternate dengan menggunakan pesawat air fast PK-OCF.

Diketahui, daftar bahan bantuan sosial yang diserahkan Mensos untuk ke Provinsi Maluku Utara yang diterima oleh Gubernur Gaji Kasuba sebesar 1.867.927.991, bantuan logistik 1.377.116.210, paket sembako 198.001.000, logistik dari gudang Malut. 262.361.681, bantuan logistik 30.439.100. 

Sementara untuk bantuan Menteri Sosial RI untuk korban bencana alam di Halut yang diterima langsung oleh Bupati Halut sebesar Rp 490.811.781, paket 1000 sembako 198.011.000, bantuan logistik dari gudang Malut 262.361.681 dan logistik 30.439.100. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut