Pemprov Canangkan Bandara Pitu Morotai Bertaraf Internasional

  • Bagikan
Terminal Bandara Pitu Morotai (Fizri/KabarMalut)

SOFIFI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut), mencanangkan peningkatan status Bandara Pitu Pulau Morotai menjadi bandara beraraf internasional. Hal ini perlu dilakukan untuk menggenjot kunjungan wisatawan ke pulau terdepan Malut ini.

Kepala Dinas Pehubungan Malut, Armyn Zakaria mengatakan untuk mengingkatkan kunjungan wisatawan berwisata di Pulau Morotai, pihaknya akan menggandeng sejumlah stakeholder dan Perguruan Tinggi, melakukan kajian pembangunan Bandara Pitu sebagai bandara Pariwisata.

“Data statistik sementara wisatawan lokal maupun asing masih minim datang ke Pulau Mototai,” kata Armyn saat dikonfirmasi, Senin (8/2/2021).

Armyn mengaku minimnya wisatawan berkunjung ke pulau yang memiliki ratusan tempat wisata ini, salah satunya adalah faktor alat transportasi menuju ke tempat wisata. Sementara itu, di luar sana banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Pulua Morotai.

“Oleh sebab itu sebagai pemerintah, kami menginginkan Bandara Morotai manjadi bendara transit dari beberapa negara yang singgah ke Morotai kemudian transit ke Raja Ampat hingga Pulau Bali,” jelasnya.

Peningkatan status Bandara Pitu sebagai bandara transit level internasional, membutuhkan penataan infrastruktur dan kajian sehingga pariwisata di Pulau Morotai bisa berkembang. Sementara anggaran yang diperkirakan minimal Rp 20 miliar untuk melengkapi infrastruktur penunjang di bandara.

“Pemerintah membangun dengan anggaran Rp 20 miliar, namun dampaknya tidak ada itu berarti sia-sia. Makanya kita butuh kajian dulu baru disampaikan ke Kementerian untuk menilai terutama jalur-jalur penerbangannya,” pungkasnya. (Fai/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut