Pilkades Serentak Resmi Tunda, Kabag Pemerintahan Kepsul Hindari Wartawan

  • Bagikan
Kabag Pemerintahan Setda Kepulauan Sula, Aswin Soamole (Fahrul/KabarMalut)

SANANA – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 78 desa di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara, yang dijadwalkan akan berlangsung 7 sampai 9 April mendatang, resmi ditunda.

Informasi yang dihimpun KabarMalut, Senin (29/3/2021), penundaan jadwal tahapan pencoblosan itu dibuktikan dengan adanya jadwal baru yang dikeluarkan oleh Panitia Tingkat Kabupaten dengan nomor 77 tahun 2021 tentang Perubahan Lampiran Keputusan Bupati nomor 66 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Kepulauan Sula.

Dalam perubahan jadwal tersebut, tahapan pencoblosan baru akan dimulai pada tanggal 19 April nanti. Sedangkan, penetapan pengumuman hasil penelitian berkas, seleksi tertulis dan seleksi wawancara para calon Kades, akan dimulai Rabu (31/3) sampai dengan tanggal 6 April pekan depan.

Perubahan jadwal ini diduga karena Panitia Tingkat Kabupaten tidak siap, baik dari sisi anggaran maupun dari sisi kesiapan teknis. Sebab, sampai sejauh ini, anggaran Pilkades sebesar Rp 700 juta belum juga dicairkan 100 persen, begitu juga kotak suara dan bilik suara pun belum siap.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kepsul, Aswin Soamole yang juga Sekretaris Panitia Tingkat Kabupaten dikonfirmasi enggan memberikan infomasi secara terbuka dan memilih menghindari wartawan.

“Jadwal baru sudah ada itu, silahkan ngoni pigi foto (kalian pergi foto), bilang saya suru,” singkat Aswin.

Ditanyai terkait surat suara, Aswin lari sambil meninggalkan wartawan mengakui belum ada.

“Surat suara belum,” tutur Aswin mengakhiri wawancara. (fp/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut