Panitia Pilkades Pertanyakan Pencairan Anggaran Operasional

  • Bagikan
Ketua Panitia Pilkades Desa Wawama, Ibrahim Zamrud saat menerimah berkas dari salah satu bakal calon Kades (Istimewa)

DARUBA – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades ) mempertanyakan anggaran operasional panitia yang hingga kini tak kunjung dicairkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Ketua Panitia Pilkades Desa Wawama Kecamatan Morotai Selatan, Ibrahim Zamrud mengatakan sebagai panitia mendukung sepenuhnya kegiatan Pilkades ini berjalan dengan lancar, namun jika kerja panitia di desa tidak didukung dengan anggaran, maka harapan tahapan berjalan lancara tidak bisa diwujudkan.

“Apakah kita panitia harus meminta di calon Kades untuk kerja-kerja kepanitian ataukah seperti apa, karena hingga kini belum ada kejelasan pasti dari DPMD,” kata Ibrahim kepada KabarMalut, Jumat (2/4/2021).

Selaku Panitia di tingkat desa, Ibrahim mengaku sangat antusias untuk mensukseskan Pilkades serentak ini, bahkan pihaknya harus rela berhutang agar tahapan Pilkades di Wawama tetap berlangsung. Harapanya, Pemda segera mencairkan anggaran operasional panitia.

“Selaku panitia tingkat desa bekerja dari mulai tahapan sampai ini, bahkan kami dari Wawama itu berinsiatif meminjam uang untuk jalankan tahapan ini. Olehnya itu, sangat berharap kepada Pemda untuk segera lakukan pencairan sehingga tidak ada kendala,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dikeluhkan Ketua Panitia Pilkades Desa Joubela, Maujud Popa. Ia mengatakan bagaimana tahapan Pilkades sudah jalan kok anggaran operasional panitia sampai saat ini belum juga cairkan. Menurutnya jika hal ini tidak digubris maka selaku panitia memberhentikan tahapa Pilkades.

“Kami sangat sayangkan karena sudah hampir dua minggu ini Panitia Pilkades bekerja secara maksimal, akan tetapi anggaran Panitia Pilkades sampai saat ini tidak ada kabar, entah tidak cair anggaran ini sebabnya apa, karena ini sudah jalan tahapanya patut dipertanyakan ada apa sebenarnya?,”kata Maujud dengan nada kesal.

Terpisah, Kepala DPMD Pulau Morotai, Marwan Sidasi dikonfirmasi mengaku saat ini sudah memproses pencairan dana panitia tingkat desa.

“Sekarang ADD sudah masuk, jadi tinggal koordinasi degan Pemdes saja supaya cairkan, ada desa yang lain sudah cairkan, tergantung permintaan desa. DPMD sudah sampaikan ke Pemdes menyangkut ADD yang sudah luncurkan tahap 1 ke rekening desa, jadi segera cairkan gaji dan lain-lain,” singkatnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut