Demi Dapatkan Surat Keterangan, Mantan Kades Kembalikan Temuan Inspektorat

  • Bagikan
Ilustrasi: temuan pengembalian dana desa (suaraindonesianews.com)

DARUBA – Mantan Kepala Desa (Kades) yang kembali ikut dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak diwajibkan mengkantongi Surat Keterangan Bebas Temuan dari Inspektorat. Mulau Januari hingga Maret, para mantan Kades melakukan pengembalian dari hasil temuan Inspektorat demi mendaptakan surat keterangan.

Kepala Inspektorat Pulau Morotai, Marwanto P. Soekidi mengatakan dari Januari sampai Maret ini pihaknya telah menyelamatkan uang dari hasil pengembalian baik dari mantan Kades maupun kontraktor hingga mencapai ratusan juta.

“Untuk temuanya bisa temuan tahun-tahun lalu, yang sudah masuk Januari-Maret 2021 ini sekitar Rp 300 juta, ini yang nyumbang paling besar itu karena Kades ini karena kami upayakan orang-orang yang punya temuan itu bayar,” ungkap Marwanto kepada KabarMalut, Senin (5/4/2021).

Hasil pengembalian merupakan  temuan baik dari mantan Kades tahun 2017, 2018, 2019 serta hasil pengembalian dari pihak kontraktor hasil temuan di tahun 2020.

“Ada juga kontraktor, itu sekitar Rp 150 jutaan, kita ingat jumlahnya sekitar itu, untuk tahun-tahun sebelumnya saya tidak tahu mesti dilihat lagi. Untuk kontraktor hasil temuan proyek tahun 2020 , untuk mantan Kades 2017, karena di tahun 2017 itu ada tim pemeriksaan gabungan waktu itu saya juga ikut, jadi saya tahu,” jelasnya.

Marto mengatakan hasil uang negara yang dikembalikan itu dari hasil temuan proyek pengadaan bibit, air bersih dan sejumlah proyek lainnya.

“Untuk aitem yang ditemukan itu ada bibit fiktif, kemudian listrik, proyek air bersih, pokoknya macam-macam hampir semua desa yang kita periksa, jadi pemeriksaan gabungan yang waktu saya ikut dari BPKP gabung dengan Inspektorat,”pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut