Katai PPK Goblok Saat Pertanyakan Honor, Sekretaris KPU Halut Minta Maaf

  • Bagikan
Ilustrasi: Honor PPK (Istimewa)

TOBELO – Sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Kabupaten Halmahera Utara (Halut) tahun 2020, geram dengan bahasa yang disampaikan oleh Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut, Nazwa Kalauw yang mengatakan goblok kepada mereka saat mempertanyakan honor bulan Januari yang belum diterima.

Ketua PPK Kecamatan Kao Teluk, Rio Tongo Tongo mengaku saat menanyakan terkait keterlambatan honor PPK dan PPS di 17 kecamatan yang sampai saat ini belum direalisasikan oleh KPU. Namun mendapat balasan yang tidak etis dari Sekretaris KPU.

“Untuk tahap Pilkada sudah selesai sesuai masa kerja penyelenggaraan adhoc dan ketika saya Ketua PPK Kecamatan Kao Teluk menanyakan kepada Sekretaris KPU malah kami dikatakan Goblok,” kata Rio kepada KabarMalut, pada Rabu (07/04/2021).

Menurut Rio untuk honor PPK dan PPS sudah seharusnya terbayar di bulan Januari 2021, bukan molor sampai pada bulan April.

“Yang kami tahu NPHD itu sudah 100 persen dan yang saya tanyakan itu hak kami penyelenggara adhoc. Honor itu seharusnya dibayar di bulan Januari, tapi sampai saat ini tidak ada kejelasan,” ujar Rio.

Sementara Sekretaris KPU Halut, Nazwa Kalauw saat dikonfirmasi via telepon mengatakan untuk honor PPK sampai saat ini belum masuk di rekening KPU. Dan ini sudah disampaikan berulang-ulang kali melalui surat, grup maupun disampaikan Ketua KPU, bahkan komisioner, sehingga belum bisa membayar.

“Di hari kemarin Jumat, menurut dari Pemda sudah digeser ke rekening KPU, tapi setelah kami cek ternyata belum. Mungkin karena ada keliling bank dan itu biasanya dua sampai tiga hari. Mudah-mudahan hari ini sudah masuk. Maka hari ini juga kami akan transfer,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk  honor PPK sendiri masuk langsung ke rekening PPK masing-masing, jadi tidak ada alasan KPU menahan. Ia juga mengatakan, dirinya sedikit emosi lantaran PPK bertanya berulang-ulang kali dengan seolah-olah menyudutkan pihak KPU.

“Saya minta maaf karena agak emosi. Karena kami juga disibukkan dengan PSU. Jadi intinya kami tidak akan zalimi hak-hak mereka karena honor mereka ditransfer langsung ke rekening mereka masing-masing,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut