Unipas Morotai Wisudakan 195 Mahasiswa

  • Bagikan
Rektor Unipas Morotai, Irfan Hi. Abdurahman saat memindahkan pita para wisudawan/wisudawati (Istimewa)

DARUBA – Universitas Pasifik (Unipas) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, kembali meluluskan 195 wisudawan/wisudawati. Upacara wisuda Program Sarjana Periode ke III tahun akademik 2020-2021 berlangsung di Gedung DPRD, dipimpin langsung oleh Rektor Unipas Morotai, Irfan Hi. Abdurahman, ST, MT, Rabu (7/4/2021).

Dalam kelulusan ini terdapat 6 Fakultas dan 11 Program Studi, diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Perikanan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi.

Sementara untuk 11 Program Studi yakni, Pendidikan Bahasa Inggris 14 orang, PGSG 71 orang, Ilmu Kelautan 6 orang, Teknologi Hasil Perikanan 13 orang, Matematika 21 orang, Akuntansi 10 orang, Ilmu Administrasi Negara 24 orang, Teknik Sipil 5 orang, Teknik Lingkungan 16 orang, Teknik Informatika 11 orang dan Teknik Industri 4 orang.

Wisuda ini tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Unipas Morotai nomor: 120/A/UNIPAS.RKT/KEP/2021 tentang Wisuda Program Sarjana Strata Satu (S1) angkatan ke-III tahun akademik 2020/2021 Universitas Pasifik Morotai.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, DR Muhammad Bugis mengaku atas nama pribadi dan keluarga besar LLDIKTI Wilayah X 11 Maluku dan Maluku Utara menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada rektor dan jajarannya serta badan penyelenggara, beserta seluruh civitas akademik Universitas Pasific Morotai atas kerja sama serta usaha keras yang dilakukan selama ini, sehingga para wisudawan dan wisudawati dapat menyelesaikan studinya dengan baik.

“Semoga semua pengetahuan dan ilmu pengetahuannya yang telah diperolehnya selama ini dapat memberikan manfaat bagi diri anda bangsa dan negara serta Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai serta masyarakat di sekitarnya,” ungkap Muhammad dalam sambutanya.

Kita sadari bersama, lanjut Muhammad, bahwa kehidupan modern di era global ini akan semakin kompleks, karena masyarakat akan semakin terbuka tinggi kompetisi dan semakin tajam dalam ruang dan waktu tanpa kompetisi situasi seperti ini yang sedang kita hadapi.

“Unipas kita harus mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompetensi nasional dan internasional wawasan dan komitmen dalam mengupayakan mutu secara berkelanjutan yang perlu terus diperkuat. Untuk itu, saya sangat menaruh harapan besar kepada lembaga ini,”ujarnya

Ia berharap, ekspektasi masyarakat pada perguruan tinggi untuk terus berkembang dan lebih baik lagi.

“Kami harap perguruan tinggi bisa memerankan dirinya sebagai agent of knowledge and technology transfer dan akhirnya sebagai agent of economic development,” harapnya.

Peserta wisuda saat mengikuti sesi acara persidagan wisuda (Istimewa)

Sementara Rektor Unipas Pulau Morotai, Irfan Hi. Abdurahman dalam sambutannya saat memimpin sidang terbuka wisuda mengatakan, wisuda yang semestinya dirayakan secara bersama hari ini dengan jumlah yang kita laksanakan di gedung secara protokol kesehatan dengan atas permintaan Satgas Covid-19 Pulau Morotai.

“Prosesi wisuda hari ini kita laksanakan dengan bertatap muka langsung dengan para orang tua wali dan wisudawan/wisudawati. Semoga hal tersebut tidak mengurangi nilai tulus kita untuk memberikan penghargaan dan ungkapkan kegembiraan atas pencapaian ilmuan wisudawan/wisudawati Unipas Morotai,” kata Irfan.

Mantan Warek II itu mengungkapkan, pendidikan tinggi dituntut untuk memberikan solusi kepada Universitas. Apalagi kita tidak mampu memberikan solusi maka kita akan dikuras dengan eksistensi perubahan-perubahan besar, tidak terkecuali bagi Universitas Pasifik Morotai. Jika tidak mampu mengantisipasi perubahan jaman dan tuntutan jaman, mungkin satu saat universitas tinggal nama, karena tidak mampu memfasilitas perubahan ini.

“Tentunya civitas kita inginkan bersama kerja keras stekhokder dan insan pendidikan serta masyarakat juga, karena Unipas Morotai harus di garda terdepan dalam mengembangkan pendidikan di kawasan pasifik,” pungkasnya.

Diketahui acara wisuda dihadiri oleh Bupati Pulau Morotai diwakili Asisten III Alfatah Sibua, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kepala Dinas Pendidikan Pulau Morotai F. Revi Dara serta tamu undagan lainnya. (PN/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut