KPU Halut Cermati Seluruh DPT pada TPS PSU

  • Bagikan
Divisi Teknis KPU Halut, Sefriando Bitakono (Istimewa)

TOBELO – Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), masih melakukan pencermatan terhadap jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan penambahan TPS di dalam lokasi PT Nusa Halmahera Minerals (NHM).

Divisi Teknis KPU Halut, Sefriando Bitakono mengatakan DPT yang diusulkan di TPS PT NHM sebanyak 768 pemilih yang didalamnya termasuk karyawan dan kontraktor. Meski demikian, dari 768 pemilih tersebut yang masuk dalam DPT masih dilakukan pencermatan.

“Seluruh karyawan kita sudah terima DPT. Kami juga telah melakukan konsultasi dan kontraktor juga masuk. Saat ini kami tengah melakukan pencermatan menyesuaikan dengan daftar hadir,” kata Sefriando kepada wartawan di kantor KPU Halut, Kamis (15/4/2021).

Dijelaskannya, KPU telah membuka surat suara untuk memastikan jika sudah menyalurkan hak suara tidak dimasukan dalam DPT untuk pelaksanaan PSU.

“Kami sementara melakukan verifikasi, sehingga jumlah keseluruhan belum bisa pastikan. Kita buka kotak untuk melihat DPT, DPTb dan Pemilih Pindahan,” terangnya.

Dimana DPT 4 TPS berjumlah 1.451 ditambah dengan DPTb 118, dengan 1.569 pengguna hak pilih. Selain itu, DPT dari 4 TPS diluar PT NHM, KPU melalui KPPS sementara melakukan pencermatan kembali, tetapi tidak ada pengurangan DPT.

Selain itu, TPS 07 Desa Rawajaya sebanyak 107, sementara dilakukan pencermatan dikarena terdapat pemilih bukan desa berasal dari TPS Rawajaya.

“Ada dari TPS lain bukan TPS 07. Untuk pemilih ini KPU akan mengkroscek daftar hadir di TPS asal. Sementara 2 yang melakukan pencoblosan di TPS 02 di Desa Tetewang, KPU juga akan melihat jika tidak mencoblos di TPS asal maka KPU akan mengeluarkan daftar A5 dan akan dialihkan ke TPS Tetewang,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut