Tinjau Kesiapan STQ Tingkat Nasional di Sofifi, Tim Kemenag RI Minta Panitia Daerah Pro Aktif Lagi

  • Bagikan
Rapat Tim Kemenang RI dengan Sekda Maluku Utara dan Panitia STQ Daerah (Istimewa)

SOFIFI – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melalui timnya yang dipimpin Kepala Seksi Pengembangan Musabaqah, Alquran dan Alhadits Subdirektorat Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadits, Helmi Saltian, yang didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Lembaga Tilawah Alquran, Ali Sibromalisi, Ngabdul Rakhim dan Aminatun Zuhriyah kembali mengunjungi ibu kota Provinsi Malut (Sofifi) untuk memastikan progres persiapan lokasi pelaksanaan STQ Tingkat Nasional tahun 2021 oleh Panitia Daerah, Rabu (21/4/2021).

Tinjauan lokasi ini dimulai dari dermaga laut yang bertujuan untuk menjadi akses tamu yang akan nantinya menuju Sofifi. Setelah itu, tim lanjut meninjau masjid raya dan Astaka atau panggung utama lomba, kemudian lokasi pelaksanaan mata lomba di gedung DPRD dan gedung PUPR serta perumahan ASN yang disiapkan untuk tempat menginap bagi para kafila nantinya.

Dalam tinjauan ini menurut Helmi Saltian, dengan waktu yang semakin dekat dengan pelaksanaan kegiatan sehingga panitia daerah diminta untuk lebih aktif dalam kegiatan dalam rangka persiapan untuk hajatan tingkat nasional tersebut.

“Waktu terus berjalan, sehingga panitia daerah harus lebih pro aktif lagi mempersiapkan semua fasilitas peserta,” ungkapnya.

Setelah melakukan peninjauan di sejumlah titik lokasi kegiatan, Helmi mengelar rapat bersama Sekretaris Daerah dan Panitia STQ Daerah di lantai 4 kantor Gubernur Malut.

Dalam pertemuan tersebut, Helmi memberi apresiasi kepada Pemerintah Provinsi karena pada kunjungan pertama, sejumlah lokasi masih kosong bahkan ditumbuhi pohon, namun saat ini telah terlihat sejumlah pembangunan termasuk perumahan ASN 3.

“Jika Pemprov telah menyedikanan tempat tinggal peserta sebanyak jumlah peserta, maka yang perlu disiapkan selanjutnya adalah bagaimana panitia menyiapkan tahapan pelaksanan STQ tersebut, sehingga berjalan dengan sukses,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Malut, Samsuddin Abdul Kadir meminta kepada instasi terkait agar lebih cepat lagi bergerak sehingga waktu yang ditargetkan untuk penyelesaian lokasi tercapai.

“Saya meminta agar panggung utama dapat diselesaikan dengan tepat waktu,” ucapnya.

Sejalan dengan Sekda, Ketua Panitia STQ Daerah, Salmin Janidi saat mendampingi tim pusat menjelaskan sejumlah persiapan selama beberapa bulan terakhir. Menurutnya untuk bangunan masjid raya saat ini telah mencapai 61 persen, sementara untuk panggung utama (Astaka) sudah 40 persen. Untuk perumahan ASN 3 yang disiapkan juga telah selesai dibangun, tinggal menunggu finishing setelah lebaran Idul Fitri.

“Saya optimis pelaksaana STQ nasional akan berjalan sesuai rencana, sehingga saya berharap semua panitia daerah melihat keseriusan tim pusat dalam mengawal persiapan lokasi STQ dengan duduk bersama dan melaksanakan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara,” jelas Salmin.

Sekedar diketahui, pelaksanaan STQ Nasional Tahun 2021 yang digelar di Malut ini rencananya akan dilaksanakan mulai pada tanggal 18 Oktober 2021.  (*)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut