Dua Warga Desa Tolonuo Nyoblos di TPS 07 Desa Rawajaya

  • Bagikan
Warga Desa Rawajaya melakukan protes lantaran dua warga Desa Tolonuo diakomodir petugas KPPS memilih di TPS 07 Desa Rawajaya (Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Dua orang warga Desa Tolonuo, Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, diketahui ikut mencoblos pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Halut.

Informasi yang dihimpun KabarMalut, Rabu (28/4/2021), kedua orang ber-KTP Desa Tolonuo tersebut adalah Nasrun Daido dan Wahyu Daido, yang ikut mencoblos di TPS 07 Desa Rawajaya. Selain ber-KTP Tolonuo, mereka juga masuk dalam Kartu Keluarga (KK) Desa Wosia, Kecamatan Tobelo.

Awalnya kedua orang ini dihalangi oleh petugas KPPS saat memberikan hak mencoblos di TPS 07 Desa Rawajaya, lantaran keduanya diketahui bukan warga Desa Rawajaya. Hal ini pun dipersoalkan salah satu saksi pemantauan Paslon 02 Joel L Wogono dan Said Bajak (Jos), Takdir Barakati warga Desa Tolonuo yang mengatakan, kedua orang tersebut tidak boleh dihalangi oleh KPPS karena masuk dalam DPT TPS 07 Desa Rawajaya.

“Kedua orang ini masuk dalam DPT TPS 07 Desa Rawajaya oleh sebab itu wajib diakomodir untuk memberikan hak pilihnya (coblos) di TPS 07 Desa Rawajaya,” kata Takdir.

Suasana di TPS 07 Desa Rawajaya (Ronald/KabarMalut)

Setelah kedua orang tersebut diakomodir oleh petugas KPPS untuk memberikan hak pilih di TPS 07 Desa Rawajaya, warga setempat pun memprotes sehingga terjadinya adu mulut dengan saksi Paslon 02. Warga meminta agar keduanya tidak diakomodir untuk tidak memberikan hak pilih di TPS 07 Desa Rawajaya.

Anggota Bawaslu Halut, Iksan Hamiru dikonfirmasi terkait dengan hal tersebut mengatakan, keduanya bisa diakomodir untuk memberikan hak pilihnya di TPS 07 Desa Rawajaya karena terdaftar dalam DPT TPS 07 Desa Rawajaya sehingga wajib untuk diakomodir.

“Kedua orang tersebut harus diakomodir meskipun bukan KTP Rawajaya. Karena kedua orang tersebut masuk dalam DPT TPS 07 Desa Rawajaya,” singkat Iksan. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut