Besok, DPRD Halut Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

  • Bagikan
Sekwan Halmahera Utara, Abdul Azis Bopeng (Istimewa)

TOBELO – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, menjadwalkan Rabu (5/5) besok bakal dilakukan rapat paripurna penetapan pasang calon (Paslon) Frans Manery dan Muchlis Tapi-Tapi (FM-Mantap) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Halut 2020.

“Untuk rapat paripurna penetapan Bupati dan wakil Bupati terpilih akan diagendakan di besok hari,” kata Sekwan Halut, Abdul Azis Bopeng saat dikonfirmasi, Selasa (4/5/2021).

Azis mengatakan, setelah rapat paripurna selesai pihaknya akan mengirimkan sejumlah dokumen ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Maluku Utara.

“Hasil rapat paripurna ini akan diusulkan ke Mendagri terkait dengan tanggal pelantikan Paslon FM-Mantap,” tuturnya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut, telah menyerahkan dokumen penetapan Paslon Bupati dan wakil Bupati Halut terpilih ke DPRD Jumat (3/4) lalu. Dokumen yang diserahkan antara lain, salinan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 57/PHP.BUP-XIX/2021 tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halut tertanggal 22 Maret 2021. Kemudian berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara dari setiap kecamatan di tingkat kabupaten/kota dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Halut tahun 2020 (Model D hasil kabupaten – KWK).

Serta keputusan KPU Halmahera Utara nomor : 26 /PL.06.2-Kpt/8203/KPU-Kab/IV/2021 tentang penetapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara pasca putusan Mahkamah Konstitusi nomor 57/PHP.BUP-XIX/2021 dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Halut tahun 2020.

Untuk diketahui, KPU Halut telah menetapkan Paslon Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halut terpilih dengan meraih 50.743 suara mengalahkan rivalnya Paslon Joel B Wogono dan Said Bajak (JOS) yang hanya meraih 50. 377 suara. Suara sah sebanyak 101.120 suara dan 1. 215 suara tidak sah, maka Paslon FM Mantap memenangkan Pilkada dengan selisih 366 suara. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut