Perluas Layanan Perbankan di Maluku Utara,  Bank BPR Modern Ternate Buka Kantor Cabang di Tobelo

  • Bagikan
Heintje Engelberth Sahuleka – Direktur Utama Bank BPR Modern Ternate (ketiga dari kanan), tengah melakukan pemotongan tumpeng sebagai seremonial Pembukaan Kantor Bank BPR Modern Ternate Cabang Tobelo, dan disaksikan oleh Margarien Thomas – Komisaris Bank BPR Modern Ternate (ketiga dari kiri), Ridhwan Marasabessy – Direktur Operasional Bank BPR Modern Ternate (kedua dari kanan), Marcus Leatemia Maricar – Kepala Cabang Tobelo (paling kanan), Willem Melos Manery, SH.,MH - Wakil Ketua I DPRD Tk. II Kab. Halmahera Utara (kedua dari kiri) dan Pendeta Tommy Matoke (paling kiri). Pembukaan Kantor Bank BPR Modern Ternate Cabang Tobelo ini merupakan bagian dari rencana bisnis perusahaan dalam menjawab kebutuhan masyarakat di Tobelo akan solusi layanan perbankan yang tepat dan terintegrasi. (Istimewa)

TOBELO – Perkembangan industri perbankan di Maluku Utara yang terus bergerak ke arah yang positif, memunculkan optimisme di kalangan pelaku industri perbankan untuk melakukan ekspansi bisnisnya. Salah satunya adalah Bank BPR Modern Ternate yang melakukan pembukaan kantor cabang yang pertama di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Rabu (2/6/2021).

Bank BPR Modern Ternate Cabang Tobelo beralamat di Jl. Kemakmuran, Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo, Halmahera Utara. Seremonial pembukaan kantor cabang Tobelo tersebut dilakukan secara virtual dengan mengundang Founders PT Modern Multiartha, selaku pemegang saham pengendali Bank BPR Modern Ternate, Komisaris, Direksi dan Deputi Direktur PT Modern Multiartha serta Komisaris dan Direksi BPR Group Modern Multiartha.

Direktur Utama Bank BPR Modern Ternate, Heintje Engelberth Sahuleka mengatakan pembukaan kantor cabang di Tobelo ini merupakan bagian dari rencana bisnis perusahaan dalam menjawab kebutuhan masyarakat di Tobelo akan solusi layanan perbankan yang tepat dan terintegrasi.

“Tobelo merupakan salah satu wilayah potensial untuk perluasan layanan perbankan Bank BPR Modern Ternate di Maluku Utara. Kami berharap dengan hadirnya kantor cabang Bank BPR Modern Ternate di Tobelo dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya melakukan penghimpunan dana dan penyaluran kredit,” kata Heintje.

Sejak berdiri tahun 2017 silam di Ternate, Bank BPR Modern Ternate telah mengelola berbagai produk unggulan, diantaranya adalah Tabungan Solusi dan Deposito Modern untuk layanan penghimpunan dana, dan Kredit Pegawai untuk layanan penyaluran kredit.

Heintje menjelaskan dalam mengelola penghimpunan dana maupun penyaluran kredit, Bank BPR Modern Ternate senantiasa memberikan keunggulan layanan bagi masyarakat.

“Suku bunga yang ditawarkan untuk produk penghimpunan dana seperti Tabungan Solusi dan Deposito Modern sangat kompetitif dan tidak kalah bersaing dengan suku bunga bank umum lainnya dan juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sementara untuk layanan penyaluran kredit, yaitu Kredit Pegawai yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan peningkatan kesejahteraan keluarga, seperti: renovasi rumah, investasi pendidikan keluarga dan tambahan modal usaha (usaha mikro), dengan jangka waktu yang fleksibel sesuai kebutuhan hingga 20 (dua puluh) tahun. Oleh karena itu, nasabah di Tobelo tidak perlu ragu untuk mempercayakan segala kebutuhan perbankannya di Bank BPR Modern Ternate, karena Bank BPR Modern Ternate terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” jelas Heintje.

Bank BPR Modern Ternate merupakan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ke lima yang dikelola dan dimiliki oleh PT Modern Multiartha sebagai Pemegang Saham Pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 92,5%. Delapan BPR lainnya yang dikelola dan dimiliki PT Modern Multiartha selaku pemegang saham pengendali, yaitu:

  1. Bank BPR Modern Express di Ambon, telah mempunyai kantor di seluruh Kabupaten di Propinsi Maluku dengan total 18 kantor cabang/kantor kas.
  2. Bank BPR Irian Sentosa di Jayapura, telah mempunyai kantor di 12 Kabupaten dan 1 Kota di Propinsi Papua dengan total 15 kantor cabang/kantor kas.
  3. Bank BPR Palu Lokadana Utama di Palu, telah mempunyai kantor di seluruh Kabupaten di Propinsi Sulawesi Tengah dengan total 19 kantor cabang/kantor kas.
  4. Bank BPR Modern Semarang di Propinsi Jawa Tengah.
  5. Bank BPR Modern Papua di Propinsi Papua Barat.
  6. Bank BPR Modern Express NTT di Propinsi Nusa Tenggara Timur.
  7. Bank BPR Modern Makassar di Propinsi Sulawesi Selatan.
  8. Bank BPR Modern Kendari di Propinsi Sulawesi Tenggara.

Dengan dukungan Manajemen Group yang kuat, kredibel dan menjunjung tinggi profesionalisme, Bank BPR Modern Ternate terus berupaya meningkatkan penetrasi pasar, seiring dengan tingginya potensi industri perbankan di Propinsi Maluku Utara dan menjaga kinerja positif korporasi. Tercatat, Bank BPR Modern Ternate kini mampu mencatatkan Non-Performing Loan (NPL) 0 persen.

Selain itu, Bank BPR Modern Ternate juga mampu menorehkan prestasi yang membanggakan setelah dinobatkan masuk dalam Top 100 BPR 2021 versi Majalah The Finance, dan menempati posisi ke 8 untuk Top 100 BPR Beraset Rp 100 miliar keatas dengan nilai bobot 97,06, berdasarkan pertumbuhan (aset total, kredit yang diberikan, DPK, laba tahun berjalan), permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi selama periode 2018-2020 dan dianugerahi predikat bintang 5.

Berdasarkan Laporan Perekonomian Provinsi Maluku Utara dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Maluku Utara per 1 Maret 2021, Provinsi Maluku Utara mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat baik pada triwulan IV 2020 dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 9,48 persen (yoy), terakselerasi signifikan dibandingkan triwulan III 2020 yang juga mengalami akselerasi sebesar 6,66 persen (yoy).

Pertumbuhan ekonomi Maluku Utara tertinggi di antara 34 provinsi, dengan 3 provinsi yang tumbuh positif, yaitu Maluku Utara, Papua, dan Sulawesi Tengah. Sejalan dengan hal tersebut, risiko kredit perbankan di Maluku Utara pun mengalami perbaikan, tercermin dari penurunan Non-Performing Loan (NPL) seluruh bank di Maluku Utara dari 1,38 persen pada triwulan III 2020 menjadi 1,17 persem pada triwulan IV 2020.

“Hal ini membuktikan bahwa perkembangan BPR di Maluku Utara sangat potensial. Untuk itu, kami berupaya terus melakukan ekspansi bisnis khususnya menjangkau daerah-daerah yang potensial di Maluku Utara,” pungkas Heintje. (*)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut