Tertibkan Data Mandiri ASN, BKD Halmahera Timur Terapkan Aplikasi My SAPK 

  • Bagikan
Kepala BKD Halmahera Timur, Ismail Mahmud (Sadman/KabarMalut)

MABA – Untuk menertibkan data mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, menerapkan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian atau My SAPK online.

Kepala BKD Halmahera Timur, Ismail Mahmud menyebutkan pemberlakuan aplikasi My SAPK tersebut berdasarkan surat keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor: 87 tahun 2021 tentang Pemutahiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Pembina Tinggi Non Aparatur Sipil Negara secara elektronik.

“Untuk memperoleh data ASN yang akurat, terkini dan terintegrasi yang mendukung terwujudnya satu data ASN sesuai prinsip satu data Indonesia, perlu dilakukan pemutahiran data mandiri ASN dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuan mengoperasikan aplikasi My SAPK untuk mempermudah bagi ASN untuk mengingklut data mereka melalui BKD kepada BKN,” ungkap Ismail ketika dikonfirmasi, Senin (21/6) kemarin.

Menurutnya, mengoperasikan aplikasi My SAPK tersebut diwajibkan seluruh ASN untuk  digunakan. Data mandiri yang diinput melalui aplikasi itu akan terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara atau SIASN.

“Ini adalah perubahan cara mengimput data ASN, tahap awal mengimput data ke my SAPK mulai Juli sampai Desember. Aplikasi ini sudah ada di google play store tinggal saja di download ke androi masing-masing,” jelasnya.

Ismail menyatakan, tujuan aplikasi tersebut untuk memberikan pedoman dalam melaksanakan pemutahiran data mandiri ASN dan pejabat Pimpinan tinggi baik PTT dan ASN.

“Prosedurnya, ASN yang bersangkutan melakukan akses pemutahiran data mandiri secara daring terlebih dulu ke dalam my SAPK yang ditetapkan BKN sebagai otentifikasi yang bersangkutan dengan menggunakan user name dan password dan melanjutkan proses pemutakhiran data mandiri,” pungkasnya. (sdm/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut