Pekerjaan Jembatan Kali Fuata dan Baleha Disoal DPRD

  • Bagikan
Ketua Komisi III DPRD Kepulauan Sula, Lasidi Leko (Fahrul/KabarMalut)

SANANA – Pekerjaan jembatan Kali Fuata, Kecamatan Sulabesi Selatan dan jembatan Baleha, Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, disaoal oleh DPRD. Pasalnya, ada beberapa item pekerjaan hingga kini belum tuntas dikerjakan.

“Berdasarkan hasil tinjauan kami, ada item kegiatan yang tidak dikerjakan,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Kepulauan Sula, Lasidi Leko kepada KabarMalut, Kamis (29/7/2021).

Menurut Politisi PBB itu, untuk jembatan Fuata, bukan hanya ada item kegiatan yang tidak dikerjakan. Namun, pekerjaan itu juga terdapat kekurangan volume pada pembangunan talud penahan banjir.

“Selain kekurangan volume pada talud, ada pekerjaan lain yang diduga kuat belum dikerja,” jelasnya.

Lasidi Leko menyatakan, proyek tersebut dikerjakan pada tahun 2020 dengan anggaran sekitar Rp 3 milIar itu, belum selesai.

“Panjangan talud sekitar 80 meter. Namun baru dikerjakan baru sekitar 40 meter,” ucapnya.

Diketahui, proyek jembatan air Fuwata dikerjakan oleh PT Pelangi Persada Nusantara. Kini proyek tersebut kembali dilelang untuk dilanjut-kerjakan di tahun ini. Proyek lanjutan tersebut kembali dianggarkan sekira Rp 5 miliar.

Sementara untuk proyek pekerjaan jembatan Baleha. Menurut Lasidi, proyek tahap pertama diduga belum selesai dikerjakan. Pasalnya, tiang panjang di bagian tengah belum diselesaikan dan timbunan pada dua oprit belum rata.

“Kalau sudah selesai berarti tiang di tengah juga dibikin. Tapi hanya ditancap tiang pancangnya dan belum dibikin beton. Selain itu, timbunan pada oprit belum ful,” ungkapnya.

Diketahui, proyek tahun 2020 itu susah menelan Rp 3,3 miliar. Dan tahun ini kembali dianggarkan sebesar Rp 7 miliar.

Untuk itu, Lasidi mendesak bupati agar segera menindaklanjuti temuan Komisi III DPRD yang sudah diresahkan baru-baru.

“Pemda harus tindaklanjuti temuan kami ke jalur hukum agar ada titik terang,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut