Kinerja Jalan Provinsi Maluku Utara Meningkat di tahun 2021

  • Bagikan
Survei kondisi jalan ruas provinsi (Istimewa)

SOFIFI – Kinerja jalan dengan status jalan provinsi atau jalan yang penyelenggarannya dibawa  kewenangan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, tahun 2021 mengalami peningkatan kinerja.

Hal ini terungkap setelah melewati tahapan Verifikasi Data Teknis Jalan yang dilakukan sejak Februari hingga Agustus tahun 2021 oleh Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Maluku Utara dan Tim Verifikator Pusat pada Pusat Fasilitasi Infrastrukutur Daerah (PFID) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI).

Kepala Seksi Pembangunan Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku Utara,  Faris Hi Abdulbar menyampaikan bahwa kinerja jalan dengan status jalan provinsi di Maluku Utara tahun 2021 mengalami peningkatan kinerja yang signifikan yakni meningkat 6,13 persen dari panjang jalan provinsi 1.276,8 KM.

“Tahun 2020 kemantapan jalan provinsi adalah 47,77 persen atau panjang jalan kondisi mantap 609,9 Km, sementara di tahun 2021 kemantapan meningkatan menjadi 53,9 persen atau panjang jalan kondisi mantap 688,2 KM,” kata Faris pada wartawan, Rabu (18/8/2021).

Faris mengaku kondisi ini sangat positif untuk mendukung usulan kelanjutan pembangunan dan peningkatan jalan provinsi, melalui skema pembiayaan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jadi skema pembiayaan DAK Bidang Jalan, baik jenis regular maupun penugasan di tahun 2022 dan pencapaian target dalam RPJMD, kita yakni kemantapan jalan provinsi 65 persen di tahun 2024,” pungkasnya. (Adv/*)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut