Pengelolaan DD Diduga Bermasalah, Ketua Pemuda Tului Minta Inspektorat Periksa Mantan Pj Kades

  • Bagikan
Banner infografis APBDes Desa Tului (Istimewa)

TIDORE – Pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2021 di Desa Tului, Kecmatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, diduga bermasalah. Terutama khusus anggaran Bidang Pembinaan Kemasyarakatan pada Sub Bidang Kepemudaan dan Olahraga senilai Rp 105.028.640.

Ketua Pemuda Desa Tului, Ilham Salim mengatakan anggaran Kepemudaan dan Olahraga digunakan tidak secara transparansi oleh mantan Pj Kades dan diduga telah disalahgunakan.

“Anggaran Dana Desa bidang kepemudaan dan olahraga yang diduga bermasalah senilai Rp 105.028.640 diduga disalahgunakan,”ungkap Ilham kepada KabarMalut, Selasa (24/8/2021).

Mewakili pemuda dan masyarakat Desa Tului, Ilham mendesak pihak Inspektorat Kota Tidore Kepulauan agar segera menerjunkan tim ke Oba untuk memeriksa mantan Pj Kades Tului Munasir Hi Halek.

“Kami meminta Inspektorat dan pihak berwajib untuk memeriksa mantan Penjabat Kades Tului Munasir Hi Halek,” tegasnya.

Tak hanya itu, proses penimbunan lapangan dan sewa alat berat yang dilakukan mantan Pj Kades Tului juga terdapat banyak kejanggalan di lapangan. Maka dari itu, sudah seharusnya Inspektorat dan penegak hukum segera periksa mantan Pj Kades.

Terpisah, mantan Pj Kades Tului, Munasir Hi Halek ketika dikonfirmasi mengatakan seharusnya selagi dirinya masih menjabat, hal ini ditanyakan kepadanya sehingga bisa dijelaskan penggunaannya. Namun anehnya, tudingan ini baru muncul setelah adanya pergantian kepemimpinan definitif.

“Saya sudah tidak punya jabatan kemudian mereka angkat masalah, ini berati pencemaran nama baik,” tegas Munasir.

Dalam anggaran yang dipertanyakan, Munasir mengaku disepakti seluruh unsur BPD dan unsur Kepala Desa itu sesuai aplikasi anggaran didalamnya ada anggaran kegiatan Rp 50 juta sekian dan kegiatan kepemudaan, kemudian operasional kepemudaan.

“Jadi kurang lebih anggaran Rp 90 juta sekian, itu jelas semua sudah terealisasi,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut