RSUD Tobelo Terima Penghargaan Sebagai RS Kelas C Terbaik

Ronald Muhama
Penyerahan penghargaan kepada Direktur RSUD Tobelo (Istimewa)

TOBELO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, ditetapkan sebagai rumah sakit kelas C terbaik yang berkomitmen dalam program JKN-KIS se-Provinsi Maluku Utara.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ternate pun memberikan penghargaan kepada RSUD Tobelo yang diterima langsung Bupati Halmahera Utara, Frans Manery didampingi Sekda E J Papilaya bersama Direktur RSUD Tobelo, bertempat di ruang Fredy Tjandua, Kamis (9/9/2021).

Kepala BPJS Cabang Ternate, Rinaldi Wibisono mengapresiasi Pemda Halmahera Utara yang telah mendukung serta memberikan kontribusi dalam program pemerintah terkait kepesertaan JKN-KIS khususnya untuk pemberian bantuan iuran kepada masyarakat tidak mampu dalam hal terkait penjaminan kesehatan.

“Program JKN-KIS adalah salah satu program esensial bagi pemerintah pusat yang masuk dalam RPJMN yang targetnya setiap provinisi, kabupaten/kota bisa mencapai universal coverage yang bisa dicapai di tahun 2024,” ungkap Rinaldi.

Dirinya berharap upaya Pemda melalui Dinas Sosial dalam mengupayakan masyarakat yang benar-benar masuk dalam kategori kurang mampu untuk diusulkan ke Kementerian Sosial sebagai peserta BPIJK .

“Mudah-mudahan dengan pengawalan bupati bersama dinas terkait, tentunya bisa secepatnya disetujui oleh Kementerian Sosial, sehingga jumlah kepesertaan bisa tercapai secara maksimal seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Rinaldi.

Dirinya menambahkan bahwa dengan adanya penghargaan yang diberikan kepada Pemda Halmahera Utara, hubungan kerjasama yang baik dapat ditingkatkan dalam pelayanan jaminan kesehatan kepada masyarakat dengan tidak mendiskriminasi masyarakat, baik pengguna JKN-KIS maupun masyarakat umum.

Dia juga mengapresiasi fasilitas paripurna RSUD Tobelo dengan kategori yang dinilainya yang paling terbaik di Provinsi Maluku Utara dengan tipe C.

“Dengan teknologi yang mutakhir yang sudah diberikan dengan jajaran rumah sakit yang sudah sangat konsen dalam memberikan pelayanan paripurna, serta sarana dan prasarana yang mencukupi untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, bahkan mampu membackup pelayanan bagi masyarakat yang berasal Kabupaten Morotai, Halmahera Barat, bahkan Halmahera Timur, maka dengan ini kami sangat mendukung jika RSUD Tobelo akan meningkatkan tipe rumah sakit menjadi tipe B, sehingga secara paripurna masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan,” harapnya.

Sementara Bupati Halmahera Utara, Ir Frans Manery dalam sambutanya mengharapkan kerjasama terus dibangun sehingga dalam fungsi pelayanan selaku pemerintah tidak ada yang dirugikan. Bupati menjelaskan, masyarakat Halmahera Utara yang masuk dalam daftar BPJS masih berkisar 20 ribuan.

“Tahun kemarin data yang kami miliki sebanyak 76 ribu peserta BPJD Kesehatan , namun telah dihentikan karena terkait data dari dinas teknis yang tidak valid. Terkait permasalahan data yang tidak valid maka kami telah perintahkan beberapa dinas terkait untuk membuat data yang benar-benar tertuju dan tepat sasaran pada masyarakat yang wajib menerima program jaminan kesehatan,” kata Frans.

Dalam forum ini, Frans mengharapkan dapat dibicarakan secara baik terkait kevalidan data terkait dengan masyarakat yang termasuk dalam anggota BPJS, sehingga data yang diberikan tepat pada sasarannya.

“Kiranya dalam rakor ini kejadian yang pernah terjadi terkait pemutusan sementara BPJS Kesehatan yang terjadi tidak terulang lagi,” jelasnya.

Frans juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPJS Kesehatan Cabang Ternate yang sudah memberikan penghargaan kepada RSUD Tobelo, sehingga pelayanan kedepan diharapkan dapat ditingkatkan lagi.

“Di perode kedua, kami akan berupaya agar dalam masa pemerintahan ini RSUD Tobelo akan menjadi rumah sakit  terbaik di Provinsi Maluku Utara,” harapnya. (*)

Hak Cipta KabarMalut