Cegah Abrasi Pantai, Lanal Ternate Taman 1.000 Pohon Bibit Mangrove

  • Bagikan
Proses penanaman bibit pohon mangrove pantai Kelurahan Gambesi (Istimewa)

TERNATE – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate, terus berupaya mencegah terjadinya abrasi dan penyelamatan ekosistem lingkungan serta melestarikan pantai di wilayah Kota Ternate, Maluku Utara. Dengan menggandeng Masyarakat Maritim, sebanyak 1.000 bibit pohon mangrove ditanam di perairan Kelurahan Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan.

Kegiatan Lanal Ternate penanaman mangrove di pesisir pantai ini melibatkan Forum Komunikasi Daerah (Forkompinda) Maluku Utara, dalam rangka kegiatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXX tahun 2021.

Komandan Lanal Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin mengaku penanaman bibit mangrove di pesisir pantai Kelurahan Gambesi ini diharapkan bisa tumbuh dengan baik, agar bermanfaat bagi lingkungan dan dapat menjaga maupun bisa mengurangi abrasi pantai serta menjadi ekosistem bagi ikan-ikan yang tumbuh di perairan Gambesi.

“Jadi tadi secara bersama kita dan Forkompinda telah menanam sebanyak 1.000 pohon bibit mangrove,” ungkap Komaruddin kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Setelah penanaman, lanjut Komaruddin, nantinya akan terus dipantau perkembanganya secara bersama dengan pihak Kelurahan Gambesi hingga tumbuh. Jika bibit-bibit mangrove ini tumbuh dengan baik, tentu bisa dapat mengurangi abrasi pantai khususnya di pesisir pantai Kelurahan Gambesi.

Empat jenis bibit pohon mangrove yang ditanam itu akan kedepannya akan terus dilakukan Lanal Ternate pada wilayah pesisir lain. (*)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut