Soal Kasus Rumah Ibadah, Kajati Maluku Utara: Yang Jelas Bulan Ini Harus Selesai 

  • Bagikan
Kepala Kejati Maluku Utara, Dade Ruskandar (Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Penyelidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi Pembangunan Rumah Ibadah (Masjid) di Desa Loleo Jaya, Kecamatan Kasiruta Timur, Kabupaten Halmahera Selatan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Maluku Utara tahun 2019, bakal segera selesai.

Kepala Kejaksaaan Tinggi (Kajati) Maluku Utara, Dade Ruskandar memberikan target terhadap tim penyelidik Bidang Intelijen Kejati untuk segera menuntaskan proses penyelidikan selamat-lambatnya akhir bulan September 2021. Sebab, kasus rumah ibadah merupakan salah satu kasus tunggakan yang sudah lama ditangani Bidang Intelijen.

“Yang jelas bulan ini harus selesai kasus rumah ibadah, sekarang ini banyak kasus yang menunggak semua kasus akan diselesaikan,” ungkap Dade ketika dikonfirmasi KabarMalut di halaman kantor Kejati Maluku Utara, Kamis (16/9/2021).

Dade menegaskan dirinya tidak menginginkan penanganan setiap laporan masyarakat terkatung-katung nasibnya. Jika memenuhi cukup bukti, maka status kasus harus segera dinaikan dan tidak memenuhi harus dihentikan.

“Yang namanya kasus hanya dua, yaitu cukup bukti kita naikin, kalau tidak cukup bukti dihentikan. Nanti kita liat saja,” tegasnya.

Dengan  demikian maka ada kejelasan dan ketegasan hukum dalam suatu laporan yang ditangani Kejati Maluku Utara. Khusu kasus rumah ibadah sendiri, kini penyelidik masih menunggu hasil perhitungan dugaan kerugian negara.

“Kami masih menunggu hasil dari perhitungan keuangan negara. Jadi kasus yang bisa saya naikin di naikin, yang dihentikan ya dihentikan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, proyek pembangunan rumah ibadah (masjid) di Desa Loleo Jaya dikerjakan dalam dua tahap dengan rekanan yang berbeda. Tahap pertama dikerjakan CV Modern Maju dengan nilai kontrak Rp 804 juta lebih pada 2018 dan CV Fikram Putra di tahun 2019 dengan pagu anggran Rp 784 juta lebih. (*)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut