Bantu Napi Tipu IRT Ratusan Juta, Dua Petugas Rutan Ternate Disanksi

  • Bagikan
Kepala Rutan Kelas IIB Ternate, Sujatmiko (Istimewa)

TERNATE – Dua petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Ternate, Maluku Utara, masing-masing M Suban Ahmad dan Muhammad Darwis Kaliwawa, diduga terlibat membantu oknum narapidana Nafarullah Tamrin dalam kasus penipuan terhadap salah satu Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial RN alias Ita yang nominalnya mencapai ratusan juta rupiah.

Pihak Rutan Kelas IIB Ternate langsung mengsung mengambil sikap memberikan saksi hukum disipilin terhadap kedua petugas  membantu napi yang mengaku sebagai anggota Badan Intelijen Indonesia (BIN) bertugas di perusahaan pertambangan PT NHM.

Kepala Rutan Kelas IIB Ternate, Sujatmiko mengaku dua petugas Rutan rekening mereka dipakai napi dalam transaksi telah diperiksa dan diberikan sanksi hukuman disiplin.

“Kami sudah berikan hukuman. Kita berikan pernyataan tidak puas karena sesuai jenjang dan berikan secara tertulis, kemudian mereka juga ditarik ke staf agar tidak lagi berhubungan dengan napi,” kata Sujatmiko kepada KabarMalut, Senin (20/9)2021).

Dalam pemeriksaan, lanjut Sujatmiko, awalnya kedua petugas tidak tahu-menahu bahwa napi atas nama Nafarullah Tamrin meminjam nomor rekening mereka untuk digunakan dalam kasus penipuan.

“Jadi petugas itu tidak tahu begitu kalau digunakan ternyata penipuan, alasannya untuk usaha tapi ternyata ada unsur penipuan,” tegasnya.

Pemberian saksi hukuman disiplin karena kedua petugas dianggap lalai, tidak hati-hati dalam bertindak untuk bertugas.

Sekedar diketahui, Nafarullah Tamrin yang mengaku sebagai anggota BIN ini menipu korban dengan cara menelpon korban meminjam uang, korban kemudian mengirimkan uang sebanyak tiga kali melalui transfer ke rekening orang kepercayaan Nafarullah yakni masing-masing, tanggal 9 Juli 2021 sebesar Rp 50 juta melalui  nomor rekening atas nama M Suban Ahmad.

Selanjutnya pada tanggal 19 Juli 2021 korban kembali mengirim sejumlah uang sebesar Rp 50 juta via transfer ke nomor rekening atas nama Muhammad Darwis Kaliwawa dan tanggal 2 Agustus sebesar Rp 70 pada rekening yang sama yakni atas nama Muhammad Darwis Kaliwawa. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut