Dorong Pulau Mangoli Jadi DOB, Pemda Sula Mulai Siapkan Dokumen Pendukung

  • Bagikan
Wakil Bupati Kepulauan Sula, H. Saleh Marasabessy (Fahrul/KabarMalut)

SANANA – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, mulai menyiapakan sejumlah dokumen pendukung untuk mendorong Pulau Mangoli menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Mengawali persiapan dokumen, Pemda akan membentuk satu tim kecil dalam waktu dekat ini.

“Untuk dorong Pemekaran Pulau Mangoli jadi DOB, dalam waktu dekat kita akan segera bentuk tim, guna menyiapkan dokumen pendukung,” ungkap Wakil Bupati Kepulauan Sula, H. Saleh Marasabessy saat dikonfirmasi, Selasa (12/10/2021).

Meski saat ini pemekaran DOB masih dimoratorium oleh Pemerintah Pusat (Pempus). Namun, dokumen teknis yang berhubungan dengan pemekaran DOB harus disiapkan dari sekarang. Sehingga, begitu, moratorium dibuka, daerah sudah siap. Karena kalau menunggu sampai dengan moratorium dibuka, baru kemudian daerah menyiapkan dokumen teknis, maka akan terlambat.

“Daerah kita ini adalah daerah kepulauan, segala aktivitas itu butuh waktu, kalau kita tunggu moratorium dibuka baru kemudian kita bergerak, itu terlambat, sehingga kesiapan dokumen teknis terkait DOB harus siap dari sekarang, agar begitu moratorium dicabut, kita langsung masuk,” katanya.

Saleh menambahkan, terkait rencana pembentukan tim pemekaran Pulau Mangoli sebagai DOB. Bupati juga telah beri sinyal positif. Pemda Kepulauan Sula berharap, dukungan dari semua pihak terutama masyarakat Pulau Mangoli.

“Saya harap kita semua sama dukung rencana besar ini, karena ini demi kemajuan Kepulauan Sula kedepan yang lebih baik,” harapnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut