Permudah Pelayanan Masyarakat, RSUD Sanana Teken MoU dengan Dukcapil

  • Bagikan
Direktur RSUD Sanana, Marini Nur Ali saat menandatangani kerjasama dengan Dukcapil yang disaksikan Sekda Kepulauan Sula, Muhlis Soamole (Fahrul/KabarMalut)

SANANA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Penandatangan MoU tersebut, dilakukan sebagai bentuk kerjasama, guna mempermudah RSUD dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Direktur RSUD Sanana, Marini Nurali mengatakan kerjasama dengan Disdukcapil merupakan permintaan RSUD guna mempermudah RSUD dalam melakukan pelayanan.

“Kerjasama ini kita yang minta, karena dengan adanya kerjasama ini kita akan mudah untuk berikan pelayanan. Sebab kalau ada data pasien yang kurang, kita hanya imput Nomor Induk Kependudukan (NIK), langsung terbaca,” kata Marini setelah melakukan penandatangan MoU, Senin (18/10/2021).

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kepulauan Sula, Bambang Fataruba mengku ada empat SKPD pelayanan yang telah melakukan penandatangan kerjasama dengan Disdukcapi yakni, RSUD, Dinas Kesehatan, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) serta Dinas Komunikasi dan Informasi (Diakomnfo). Dengan adanya kerjasama tersebut, SKPD yang butuh data kependudukan, bisa langsung mengakses data kependudukan secara langsung.

“Kerjasama ini merupakan satu langkah terobosan yang positif, karena dengan adanya kerjasama ini, SKPD makin muda lakukan pelayanan,” ungkap Bambang.

Bambang menambahkan, dengan adanya penandatangan kerjasama tersebut, maka, dalam waktu dekat, Dirjen Dukcapil akan mengirim user dan pasport pada empat SKPD tersebut. Pihaknya berharap empat SKPD dapat memanfaatkan dan menjaga kerahasian data penduduk.

“Dalam teknis pelaksanaannya kami harap SKPD dapat menjaga kerahasian data,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut