Tak Terima Hasil Tes, Pendukung Cakades di Halmahera Utara Blokade Jalan Umum

  • Bagikan
Puluhan massa aksi lakukan aksi blokade jalan umum di depan kantor Desa Pediwang (Istimewa)

TOBELO ‐ Puluhan masyarakat Desa Pediwang, Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, memblokade jalan umum di depan kantor Desa Pediwang, pada Selasa (19/10/2021).

Aksi blokade yang dilakukan pendukung salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) Petrus Weda, ini lantaran tidak terima hasil pengumuman tes penjaringan Cakades yang dilakukan Panitia Pilkades tingkat Kabupaten.

Penanggung Jawab Aksi, Hesen Tinangon mengatakan untuk Desa Pediwang ada 5 Cakades dan hasil penilaian dari masyarakat dari 5 Cakades hanya Petrus Weda yang memilki kemampuan membangun desa.

“Kenapa dia (Petrus Weda) tidak diluluskan, sementara kalau dilihat dari semua Cakades dia punya kemampuan yang lebih luar biasa dibadingkan yang lain,” kata Hesen saat dikonfirmasi, Selasa (19/10/2021).

Hesen mengaku, sangat sesali keputusan Panitia Kabupaten karena dianggap tidak profesional dalam menjalankan tugas sebagai Panitia Kabupaten.

“Ada dugaan permainan yang dimainkan Panitia Kabupaten sehingga tidak meloloskan. Kami minta agar 5 Cakades ini diloloskan dan biarkan masyarakat yang memilih. Jika ini dipaksakan kami akan merusak semua dokumen Pilkades,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Utara, Wenas Rompis saat dikonfirmasi mengaku namanya tes pasti ada yang tidak lulus dan ada yang lulus. Terkait dengan hasil pengumuman yang disampaikan Panitia Kabupaten semuanya sudah final.

“Tidak ada yang ditutup‐tutupi semua dilakukan sesuai dengan hasil rekapan, jadi semua dilaksanakan sudah sesuai mekanisme,” singkatnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut