Polisi Periksa Sejumlah Saksi dalam Kasus Penipuan IRT Ratusan Juta

  • Bagikan
Kasubag Humas Polres Ternate IPDA Wahyudin (Istimewa)

TERNATE – Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Ternate, Maluku Utara, telah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan penipu dan penggelapan oleh Nafarullah Tamrin (45), terhadap Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial RT alias Ita (40) yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

PS Kasubag Humas Polres Ternate IPDA Wahyuddin mengatakan penyidik masih terus melakukan penyelidikan atas kasus ini. Sejauh ini penyidik sudah melakukan pemeriksaan interogasi terhadap dua orang saksi, termasuk saksi pelapor dan terduga terlapor.

“Untuk satu saksi yaitu kakak pelapor belum dimintai keterangan dikarenakan masih berobat di Manado, ” kata Wahyudin kepada KabarMalut, Kamis (21/10/2021)

Dari hasil pemeriksaan para saksi, masih ada satu saksi lagi yang akan penyidik layangkan pemanggilan berupa undangan klarifikasi terhadap saksi tersebut yang diduga merupakan anak buah dari terlapor.

“Satu saksi ini diduga merupakan anak buah dari terlapor, hanya saja yang bersangkutan informasi masih berada di luar daerah Ternate,” jelasnya.

Apabila semua saksi sudah diperiksa, lanjut Wahyudin, maka rencana tindak lanjut penyidik akan melakukan gelar perkara.

“Rencananya penyidik akan melakukan gelar perkara terkait kasus dugaan terjadinya tindak pidana penipuan dan atau penggelapan,” tegasnya.

Sekedar diketahui, Nafarullah Tamrin yang merupakan Napi Rutan Ternate ini juga mengaku sebagai anggota BIN saat menipu korban dengan cara menelpon korban meminjam uang, korban kemudian mengirimkan uang sebanyak tiga kali melalui transfer ke rekening orang kepercayaan Nafarullah yakni masing-masing, tanggal 9 Juli 2021 sebesar Rp 50 juta melalui  nomor rekening atas nama M Suban Ahmad.

Selanjutnya pada tanggal 19 Juli 2021 korban kembali mengirim sejumlah uang sebesar Rp 50 juta via transfer ke nomor rekening atas nama Muhammad Darwis Kaliwawa dan tanggal 2 Agustus sebesar Rp 70 pada rekening yang sama yakni atas nama Muhammad Darwis Kaliwawa. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut