Ratusan Pendukung Bakal Cakades Kepung Kantor Bupati Halmahera Utara

  • Bagikan
Massa aksi di depan kantor Bupati Halmahera Utara usai hearing (Ronald/KabarMalut)

TOBELO ‐ Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Utara (Halut), Wenas Rompis dinilai tak mampu pertanggung jawaban hasil screening bakal Calon Kepala Desa (Cakades) yang tak lulus. Hal ini terlihat dalam hearing bersama sejumlah bakal Cakades dan masa aksi di ruang Fredy Tjandua kantor Bupati Halmahera Utara,Kamis (21/10/2021).

Sejumlah bakal Cakades dalam pertemuan itu, meminta agar kepala DPMD menjelaskan terkait dengan hasil tes wawancara, tertulis maupun PBB, karena merasa tidak puas dengan hasil yang diberikan Panitia Kabupaten. Namun hal itu, tak mampu dipertanggung jawabkan oleh Kepala DPMD.

Bakal Cakades Pediwang, Kecamatan Kao Utara, Petrus Weda mengaku tidak puas lantaran sejumlah pertanyaan yang disampaikannya kepada Kepala DPMD tidak mampu dipertanggung jawabkan.

“Pertemuan hari ini tidak ada jalan keluar, karena hampir semua pertanyaan terkait deng hasil screening sejumlah bakal calon kepala desa yang tidak lulus tidak mampu dipertanggung jawabkan oleh Kepala DPMD, ” tuturnya.

Merasa tidak puas, lanjut Petrus mengatakan pihaknya akan tetap melakukan aksi penolakan Pilkades di Desa Pediwang, jika Panitia Kabupaten tidak mampu mempertanggung jawabkan hasil sejumlah bakal Cakades yang tidak lulus dalam tes screening.

“Kami tetap melakukan aksi penolakan di desa sampai benar-benar ketua panitia mampu pertanggung jawaban hasil screening sejumlah bakal Cakades,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Halmahera Utara, Wenas Rompis mengaku semua sudah final karena keputusan yang diputuskan semua sudah sesuai regulasi dan tidak mungkin untuk ditinjau kembali.

“Semua  regulasi sudah kami sampaikan ke Dirjen Kementrian Desa, jadi soal hasil Cakades semua sudah final,” tutupnya.

Merasa tidak puas dalam hearing bersam Kepala DPMD, sejumlah bakal Cakades bersama masa aksi kembali melakukan aksi di depan kantor bupati hingga membakar ban bekal di sepanjang jalan. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut