Musrembang RPJMD Sula, Ini Sepuluh Misi Bupati Fifian

  • Bagikan
Plt Sekda Kepulauan Sula, Muhlis Soamole menyampaikan 10 Misi Bupati Fifian Adeningsi Mus dalam Musrembang RPJMD (Fahrul/KabarMalut)

SANANA – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrembang RPJMD). Musrembang yang berlangsung di Comencenter Kantor Bupati Kepulauan Sula tersebut, Pemda didampingi tim teknis dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis (18/11/2021).

Plt Sekda Kepulauan Sula, Muhlis Soamole saat membuka Musrembang RPJMD mengatakan, pelaksanaan Musrembang RPJMD merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah selama lima tahun yang telah dirumuskan dalam dokumen rancangan awal RPJMD.

Menurut Muhlis, ada 10 misi pembangunan yang direncanakan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan perangkat daerah secara holistik dan terintegrasi yakni, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkeadilan sosial, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, unggul dan berakhlak mulia, membangun dan mengembangkan sistem penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah secara profesional, transparan dan akuntabel serta tidak adanya praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Suasana Musrembang RPJMD (Fahrul/KabarMalut)

Menjamin hubungan kerja sama yang harmonis antara Pemerintah Daerah, tokoh agama dan tokoh masyarakat/adat, kaum intelektual, TNI/Polri serta masyarakat luas. Menjamin terlaksananya perlindungan dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penegakan Hukum yang adil dan Humanis.

Menekan angka pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja, mengurangi jumlah dan persebaran penduduk miskin, mendorong kemandirian masyarakat kota. Memperkuat aksesibilitas masyarakat, guna memperoleh pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas yang dapat dijangkau serta meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur dasar bidang kesehatan dan pendidikan.

Meningkatkan mutu dalam kehidupan beragama, melakukan revitalisasi bidang pertanian, perikanan, kehutanan, perhubungan, pariwisata dan budaya serta pedesaan secara berkesinambungan. Meningkatkan upaya mitigasi bencana.

Untuk wujudkan visi-misi tersebut, maka diharapkan pada pimpinan SKPD, dalam menetapkan program dapat disesuaikan dengan visi-misi serta tujuan dan sasaran dalam RPJMD, karena konsistensi program yang disesuaikan dengan visi-misi menentukan efektifitas dan keberhasil pembangunan.

Selain itu, tamba Muhlis, pimpinan SKPD juga diharapkan dapat memperhatikan indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusun RPJMD dan tim pendamping dari UGM, berupa matriks penjabaran dan penyelarasan visi, misi, tujuan dan sasaran dalam RPJMD, agar dijadikan acuan dalam penyusunan rencana strategis dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD), serta memperkuat koordinasi antara OPD dalam proses perencanaan agar terbangun sinergitas. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut