6 Desa di Sula Gelar Pilkades Serentak, Berikut Daftarnya

  • Bagikan
Asisten I Setda Kepulauan Sula, sekaligus sebagai Ketua Panitia Pillades Tingkat Kabupaten, Ahmad Salawane (Fahrul/KabarMalut)

SANANA – Pemerintah Daerah, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, dalam waktu dekat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 6 desa.

Asisten I Setda Kepulauan Sula, Ahmad Salawane sekaligus sebagai Ketua Panitia Pilkades mengatakan 6 desa yang akan menggelar Pilkades ini yakni Desa Waisakai Kecamatan Mangoli Utara Timur, Desa Mangoli Kecamatan Mangoli Tengah, Desa Wainib Kecamatan Sulabesi Selatan, Desa Fatkauyon Kecamatn Sulabesi Timur dan Desa Fat Iba Kecamatn Sulabesi Tengah dan Wailau Kecamatan Kota Sanana.

Menurut Ahmad, Fatkauyon dan Wailau telah ikut pelaksanakan Pilkades tahun sebelumnya, tapi tahun ini juga diikut sertakan karena kedua desa itu saat ini kepala desanya berstatus penjabat.

“Kepala Desa Fatkauyon mundur diri dari jabatan, karena tidak mau lepas status ASN. Sedangkan Kepala Desa Wailau berhalangan tetap (Meninggal Duni),” ungkap pada Ahmad kepada wartawan, Senin (22/11/2021).

Agar pelaksanaan Pilkades berjalan lancar, maka Panitia Kabupaten yang telah ditunjukan Bupati Fifian Adeningsi Mus, dalam waktu dekat akan membentuk panitia tingkat bawah yakni Panitia Kecamatan dan Desa, sebagaimana yang telah ditentukan dalam Peraturan Mentri Dalam Negeri tentang Pilkades.

Panitia desa yang telah dibentuk, sebelum amelaksanakan tugas, Ahmad mengaku akan terlebih dahulu diberi pembekalan dan bimbingan teknis. Untuk pembekalan dan bimbingan teknis sendiri, Panitia Kabupaten akan bekerja sama dengan Akademisi dari Kampus Unkhair Ternate dan lembaga penyelenggara.

“Untuk pembinaan panitia desa, kami akan datangkan akademisi dari Unkhair dan kerjasama dengan penyelenggara Pemilu,” jelasanya.

“Kami tidak tidak mau kejadian seperti di Desa Wainib terulang. Untuk itu, aturan teknisnya harus disusun secara baik, sosialisasi dan pembinaan harus diperkuat,” tamba Ahmad mengakhiri. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut