Lantik 6 Kades, Bupati Halmahera Utara Ingatkan Kerja di Pemerintahan

  • Bagikan
Suasana Bupati Halmahera Utara, Frans Manery melantik 6 Kades terpili (Istimewa)

TOBELO – Bupati Halmahera Utara, Frans Manery secara resmi melantik 6 kepala desa (Kades) terpilih masa jabatan 2021-2027, betempat di Pandopo lantai II kantor Bupati Halmahera Utara, Maluku Utara, Selasa (23/11/2021).

Bupati Frans dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) serta semua pihak yang terlibat dalam pemilihan kepala desa di 6 desa yang ada di 5 kecamatan.

“Kita bisa ada dalam tahapan pelantikan pada hari ini, itu karena peran saudara semua, terlebih khusus Kadis PMD selaku Ketua Panitia Penyelenggara Pilkades,” ucapnya.

Menurutnya Pemilihan kepala desa tidak mungkin bisa terlaksana, sebagaimana kita ketahui, dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia, sesuai dengan Undang Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, maka pemerintah desa sebagai unsur terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif, efisien dan tentunya mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting.

Ia menambahkan, pemerintah desa menjadi salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah. Sebagaimana kita maklumi bersama, hakekat demokrasi di tingkat desa dapat terlihat dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa.

“Dimana semua komponen masyarakat terlibat didalamnya sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing, dan keterlibatan tersebut mencerminkan adanya kesadaran warga masyarakat di desa dalam menentukan pemimpin mereka,” jelasnya.

Bupati juga mengigatkan bahwa kita kerja di pemerintahan bukan berdasarkan kemauan kita, bahkan bukan semata-mata berdasarkan niat baik kita. Tetapi kita kerja di pemerintahan itu dasarnya adalah Peraturan Perundang-undangan, bukan kemauan kita, niat baik kita.

“Kerjalah dan mengabdikan berdasarkan peraturan Perundang-undangan karena kita kerja di dalam sebuah sistem yang sudah diatur dibawah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut