Home » Tutorial » Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube Chrome/Mozilla Firefox

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube Chrome/Mozilla Firefox

Yodik May 31, 2023

Kabarmalut.co.id – IDM menjadi salah satu media yang akan memudahkan pengguna secara otomatis mendownload video yang diputar pada situs atau Youtube. Namun pernahkan Anda mengalami masalah hilangnya notifikasi download langsung ke IDM padahal beberapa waktu lalu masih bisa menggunakannya. Kali ini akan dibahas beberapa tips jitu mengatasi IDM tidak muncul di Youtube dengan cara sederhana.

Sebelum membahas beberapa tips tersebut, alangkah lebih baik Anda memahami lebih dulu mengenai IDM dan sejumlah alasan kenapa masalah ini muncul ke IDM yang sudah Anda pasang. Inilah beberapa penjelasannya.

Pengertian dan Fungsi IDM

IDM (Internet Download Manager) merupakan software tambahan yang bisa digunakan untuk mendownload file dan metode yang bisa berfungsi yaitu mempercepat dalam proses pengunduhannya. Perangkat lunak ini merupakan buatan developer Tonec inc dari Amerika Serikat yang kebanyakan membantu pengguna untuk mendapatkan semua file baik video atau lagu dengan cepat.

Dalam segi tampilan, IDM didesain dengan cukup sederhana sehingga memudahkan para pengguna untuk memakainya dalam semua keinginan. Bukan hanya menyediakan satu fungsi saja, dengan memasang IDM pada komputer dan laptop maka secara otomatis saat melakukan browsing jika mendeteksi file video aplikasi ini akan meminta persetujuan download.

IDM menjadi software yang memiliki banyak fitur dan keunggulan. Beberapa keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna antara lain:

1. Download Lebih Mudah dan Praktis

IDM semakin mudah digunakan apalagi software ini sudah terintegrasi dengan semua browser. Dengan hanya melakukan klik download maka semua file pun akan semakin mudah di unduh. Bahkan semua file dengan ukuran besar bisa langsung otomatis terunduh dan pengguna hanya menunggunya sebentar saja.

2. Kompatible ke Semua Browser

IDM juga menjadi salah satu software yang kompatibel ke semua web browser. Bahkan dengan memakai IDM keinginan mendapatkan semua file pun menjadi mudah dan cepat. Anda bisa memasangkan IDM ke beberapa web browser popular seperti Mozilla Firefox, Opera Mini, dan Google Chrome.

Baca Juga :   11 Cara Download Video Twitter Melalui Situs dan Aplikasi Online

3. Scan Virus secara Otomatis

Kebanyakan pengguna akan memikirkan ulang ketika ingin mendapatkan file di web browser karena terkadang membawa virus berbahaya. Dengan memakai IDM hal ini tidak akan pernah membuat khawatir karena software ini sudah dilengkapi dengan scan virus. Semua pengguna akan lebih aman mendapatkan file dan menyimpannya di PC atau laptop.

4. Kecepatan Download Cepat

Dengan memakai IDM maka pengguna bisa menyesuaikan sendiri kecepatan download yang diinginkan. Selama ini kebanyakan pengguna direpotkan dengan lamanya menunggu dalam mendapatkan file berukuran besar. Melalui IDM hal ini tidak berlaku, karena semua file bisa diunduh sampai lima kali lipat kecepatannya dari kecepatan biasanya.

5. Pause dan Resume saat Download

Dan fitur terbaik dari IDM yang akan membantu penggunanya adalah adanya menu pause dan resume. Dimana dengan mengaktifkan menu ini maka saat mendownload file bisa mengentikan dan melanjutkan lagi saat mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat. Proses ini sama sekali tidak akan merubah atau merusak file unduhan.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi IDM tidak mucul di Youtube maka kenali lebih dulu apa saja penyebabnya. Dalam beberapa kasus memang masalah ini ditimbulkan oleh sejumlah alasan. Biasanya masalah ini muncul dikarenakan berikut ini.

  • Belum adanya aktivasi atau teraktivasinya software IDM di komputer atau laptop. Hal ini menyebabkan IDM tidak akan langsung bisa muncul ketika pengguna memutar Youtube. Perlu dicermati dalam setiap pemasangan IDM memang membutuhkan aktivasi dan pengguna harus menemukan file install yang lengkap dengan aktivasinya.
  • IDM memiliki masa aktif dan semua penggunanya harus melakukan update secara berkala. Jika IDM yang digunakan masih versi lama sudah pasti notifikasi download tidak akan muncul bahkan di halaman penelusuran Youtube juga tidak akan otomatis ditampilkan.
  • IDM sering kali dikaitkan dengan browser yang digunakan pengguna. Maka dari itu pastikan jika versi browser sesuai dengan versi terbaru dari IDM. Dengan begitu maka semua penelusuran akan terintegrasi dengan sistem yang sudah dirancang dalam IDM.
  • Perharikan eksistensi IDM milik pengguna karena jika tidak terpasang dengan baik maka tombol IDM pada Youtube tidak akan bisa muncul dengan otomatis.
Baca Juga :   Cara Top Up Stumble Guys Termurah Melalui Pulsa dan E-Wallet

Penjelasan diatas sudah memberikan gambaran penyebab kenapa IDM tidak muncul di Youtube milik pengguna. Lalu bagaimana cara memunculkan kembali di Youtube. Berikut ini beberapa cara dan tips untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Youtube

Dengan memahami cara mengatasi IDM tidak mucul di Youtube maka pengguna akan kembali bisa memakainya dalam semua kebutuhan. Sejumlah cara yang bisa dijalankan antara lain:

1. Update Browser dan IDM Lebih Dulu

Cara pertama adalah melakukan update lebih dulu baik di sistem operasi browser dan IDM yang sudah Anda gunakan. Dengan melakukan update maka sejumlah masalah seperti kompabilitas tersebut akan bisa teratasi. Untuk menjalankan cara ini silahkan lebih dulu download Mozila Firefox, Google Chrome dan IDM versi terbaru. Langkahnya adalah:

  • Silahkan membuka browser yang sering Anda gunakan semisal Google Chrome.
  • Silahkan masuk pada menu extension. Untuk masuk ke menu ini silahkan mencari ikon titik tiga yang ada di sebelh kanan atas tampilan Chrome.
  • Pilih menu more tools didalamnya akan muncul sejumlah menu, dan pilihlah extension.
  • Pastikan disana muncul IDM integration module. Untuk menghilangkannya silahkan klik remove.
  • Jika sudah muncul tombol pop-up silahkan melakukan konfirmasi. Dan berikutnya adalah memilih opsi remove.
  • Apabila membuka windows explorer maka silahkan masuk ke directori dengan urutan menu: this computer – localdisk C – lalu ke program file (68) – dan ke internet download manager.
  • Silahkan mencari file yang bernama IDMGCExt.crx lalu silahkan klik. Lakukan drag dan arahkan ke menu extension yang sudah terbuka pada Google Chrome.
  • Pengguna akan diarahkan kembali ke pop-up. Jika belum melakukan install IDM integration module silahkan kembali.
  • Masuk ke addextension dan silahkan menambahkan kembali.
  • Jika langkah ini sukses maka pengguna akan diarahkan ke halaman IDM. Jika sudah muncul internet download manager extension for Google has beeninstalled maka proses ini dikatakan sudah berhasil.
  • IDM sudah berhasil terinstall ulang dan bisa membuka Youtube untuk mencoba memakainya kembali.

2. Install Kembali IDM

Cara kedua untuk mengatasi IDM tidak mucul di Youtube yaitu menginstall kembali atau memasang ulang IDM di laptop atau komputer Anda. Supaya tidak terjadi kegagalan dalam pemasangannya, inilah langkah yang harus Anda lakukan.

  • Pastikan jika Anda sudah melakukan uninstall software IDM versi lama. Jika belum maka silahkan uninstall melalui control panel agar software baru nanti tidak crash dengan yang baru.
  • Berikutnya adalah masuk ke browser dan download IDM versi terbaru yang full crack.
  • Jika sudah terunduh maka silahkan buka file yang berformat exe itu. Klik sebanyak dua kali untuk membukanya.
  • Silahkan menunggu sebentar maka jendela baru IDM akan muncul. Lakukan sesuai langkah-langkahnya untuk menginstall dengan klik next.
  • Biasanya setelahnya akan muncul keterangan “license agreement”. Untuk bisa melanjutkan maka pengguna harus klik “I accept the term in the licence agreement”. Lalu klik next untuk melanjutkan prosesnya.
  • Pengunduhan akan berjalan dan pengguna harus menunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah akan muncul pemberitahuan dan klik “finish” untuk mengakhiri penginstallan software IDM.
Baca Juga :   Cara Daftar UMKM Online Untuk Semua Bank 2023 Lewat HP

Jika prosesnya sudah selesai maka silahkan mencoba menjalankan atau memakai IDM di komputer atau laptop milik Anda.

Tips Mengunakan IDM untuk Langsung Mengunduh di Youtube

Jika cara mengatasi IDM tidak mucul di Youtube belum bisa difungsikan maka Anda harus mengaktifkan kembali sistem pengunduhan langsung di Youtube. Supaya proses download bisa berjalan otomatis maka beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah:

  • Silahkan membuka web browser Youtube. Dan silahkan mencari file video yang akan di unduh atau di download.
  • Temukan ikon IDM yang berada di sisi kanan atas. Disana akan muncul resolusi video yang akan di pilih. Jika ingin memperoleh kualitas video yang jernih silahkan pilih resolusi terbaik.
  • Kemudian akan muncul pop-up yang menunjukkan letak atau tempat file akan disimpannya video hasil unduhan.
  • Lokasi penyimpanan download bisa juga disesuaikan pengguna di folder mana untuk menyimpan semua filenya tersebut. Jika sudah silahkan klik “start download” dan tunggu saja sampai download selesai.

Dengan memakai IDM maka proses pengunduhan akan berjalan cepat. Cek berkas file hasil download sesuai dengan folder yang sudah dipilih.

Penutup

Nah itulah beberapa cara mengatasi IDM tidak mucul di Youtube yang bisa Anda lakukan. Dengan mengetahui semua penyebab dan solusinya tersebut, maka Anda akan semakin nyaman memakai software ini. Jika berjalan dengan baik maka IDM akan membantu pengguna mendapatkan semua file penting dengan mudah dan cepat tanpa harus menunggu lama.