Home » Agama » Doa Setelah Solat Duha: Makna Pengertian dan Keutamaannya

Doa Setelah Solat Duha: Makna Pengertian dan Keutamaannya

Yodik September 18, 2023

Selain sholat wajib 5 waktu umat islam juga dianjurkan menjalankan sholat sunnah. Didalamnya juga terdapat banyak keutamaan apabila dikerjakan dengan khusyuk dan rutin. Salah satu sholat sunnah tersebut adalah Solat Duha. Bahkan doa setelah Solat Duha yang dibaca dengan sungguh-sungguh akan memudahkan semua muslim memperolah hikmah dalam kehidupannya.

Untuk menambah keilmuan Anda mengenai solat duha dan doa apa saja yang wajib dibaca setelahnya, berikut ini penjelasan lengkap yang bisa dipelajari.

Pengertian Solat Duha

Solat duha merupakan salah satu solat sunnag yang dijalankan pada waktu pagi hari. Waktu yang tepat untuk mengerjakan solat ini adalah setelah solat subuh selesai yakni di antara jam 6 hingga jam 7 pagi. Usainya Solat Duha adalah sebelum tiba Solat Dzuhur.

Solat Duha tidak diperbolehkan dikerjakan jam 11 sampai 12 siang karena waktu tersebut sudah masuk atau mendekati Solat Dzuhur. Jumlah rakaat untuk menjalankan solat sunnah ini bervariasi sesuai yang menjalankan mulai dari 2, 4, 6, 8 dan maksimal 12 rakaat dalam setiap harinya.

Umat muslim di seluruh dunia meyakini jika solat duha yang dikerjakan rutin setiap hari akan memberikan banyak keutamaan, salah satunya adalah dimudahkan dalam kehidupannya dan pintu rejeki akan dibukakan oleh Allah. Berikut ini sejumlah doa yang wajib dibaca setelah solat duha.

Bacaan Doa Setelah Solat Duha

Ketika membaca doa setelah Solat Duha maka dianjutkan seseorang duduk dengan terdiam dan khusyuk dalam meminta kepada Allah. Maka dari itu doa-doa tersebut harus dibaca pada pagi hari sebelum memulai aktivitas dengan menjalankan Solat Duha. Jika solat sunnah ini dikerjakan dengan rutin maka doa-doa tersebut akan semakin dipermudah dan dikabulkan oleh Allah.

Ada satu doa wajib yang harus dibaca umat islam setiap selesai menjalankan solat duha, bacaan doa tersebut adalah:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Latinnya:

“ALLAHUMMA INNAD DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHA-A BAHA-UKA, WAL JAMALA JAMALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ‘ISMATA ‘ISMATUKA. ALLAHUMMA IN KANA RIZQI FIS SAMA-I FA-ANZILHU, WA IN KANA FIL ARDHI FA AKHRIJHU, WA IN KANA MU’ASSARON FA YASSIRHU, WA IN KANA HAROMAN FATHOHHIRHU, WA IN KANA BA’IDAN FAQORRIBHU, BIHAQQI DHUHA-IKA, WA BAHA-IKA, WA JAMALIKA, WA QUWWATIKA, WA QUDROTIKA, AATINI MA ATAYTA ‘IBADAKAS SHOLIHIN”.

Didalam doa tersebut dijelaskan jika waktu solat duha adalah waktu dimana setiap muslim dekat dengan Allah. Bahkan semua keagungan, keindahan, kekuatan dan perlindungan yang diberikan oleh Allah selalu bisa didapatkan oleh semua muslim jika memohon kepada Allah dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga :   Niat Sholat Istikharah, Lengkap Dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Doa ini juga mengandung harapan besar kepada umat muslim untuk selalu mendapatkan rejeki. Apabila masih sulit dan belum memperolehnya, diharapkan Allah mengabulkan rejeki itu turun di hari itu juga. Semua muslim yang meminta setelah mengerjakan solat duha secara tidak langsung akan dikabulkan oleh Allah.

Bacaan Doa Tambahan Setelah Solat Duha

Meskipun doa tersebut selalu menjadi doa wajib yang harus dibaca setelah solat duha, namun ada sejumlah doa lain yang juga harus disertakan umat muslim setelah membacanya. Sejumlah doa tambahan yang bisa Anda sertakan antara lain:

1. Doa Diangkat Penyakit

Bacaan doa setelah Solat Duha yang juga harus di ucapkan adalah doa diangkat penyakit. Setiap umat muslim tentu saja ingin selalu diberikan karunia sehat dalam menjalankan kehidupannya. Maka dari itu jangan lupa membaca doa ini supaya tetap diberikan kesehatan. Bacaan doanya adalah:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Bacaan Latinnya:

 “ALLĀHUMMA RABBANA NĀSI, ADZHIBIL BA’SA. ISYFI. ANTAS SYĀFI. LĀ SYĀFIYA ILLĀ ANTA SYIFĀ’AN LĀ YUGHĀDIRU SAQAMAN.”

Bacaan doa diatas merupakan amalan doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika belia sedang sakit. Dengan mengucapkannya setelah solat duha diharapkan Allah segera memberikan kesembuhan dan segera diangkat apapun penyakit yang sedang dialami oleh seorang muslim.

2. Doa Mendapatkan Jodoh

Selain itu doa setelah Solat Duha yang juga wajib dibaca bagi laki-laki atau perempuan yang belum menikah adalah doa mendapatkan jodoh. Diharapkan dengan membaca doa ini bagi seorang muslim yang sudah memiliki niat untuk menikah akan segera dipertemukan dengan jodohnya. Bacaan doanya adalah:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Bacaan Latinnya:

“RABBANA HABLANA MIN AZWAJINA WA DZURRIYATINA QURROTA A’YUN WAJ’ALNA LIL MUTTAQINA IMAMA.”

Amalan doa ini sudah sering diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada kaumnya. Beliau menyarankan untuk tetap berdoa sambil berusaha supaya dipertemukan dengan jodoh terbaik yang dikirimkan oleh Allah.

3. Doa Kesabaran saat Ada Masalah

Kemudian doa setelah Solat Duha yang bisa diamalkan oleh seorang muslim adalah doa diberikan kesabaran ketika mendapatkan cobaan dan masalah didalam kehidupannya. Doa ini juga menjadi amalan wajib karena dalam kehidupan di dunia semua muslim pasti selalu diberikan cobaan dalam kesehariannya. Bacaan doanya adalah:

Baca Juga :   Doa Ziarah Kubur, Lengkap Dengan Arti dan Manfaatnya

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Bacaan Latinnya:

“RABBANAA LAA TUZIGH QULUUBANAA BA’DA IZ HADAITANA WA HABLANA MIN LADUNKA RAHMAH INNAKA ANTAL WAHHAB.”

4. Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Kemudian doa yang wajib dibaca setelah solat duha adalah doa keselamatan dunia dan akhirat. Dengan membaca doa ini diharapkan semua muslim semakin menemukan ketenangan dalam menjalani kehidupan dunia yang tidak pasti ini. Untuk menghilangkan rasa ketidakpastian ini usaha terbaik adalah berdoa dan bertawakal kepada Allah. Bacaan doanya adalah:

اَللّٰهُمَّاِنَّانَسْئَلُكَسَلَامَةًفِىالدِّيْنِ،وَعَافِيَةًفِىالْجَسَدِوَزِيَادَةًفِىالْعِلْمِوَبَرَكَةًفِىالرِّزْقِوَتَوْبَةَقَبْلَالْمَوْتِوَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِوَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِاَللّٰهُمَّهَوِّنْعَلَيْنَافِيْسَكَرَاتِالْمَوْتِ،وَنَجَاةًمِنَالنَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Bacaan Latinnya:

“ALLAAHUMMA INNAA NAS ALUKA SALAAMATAN FIDDIIN, WA ‘AAFIYATAN FIL JASAD, WA ZIYADATAN FIL ‘ILMI, WA BARAKATAN DIR RIZQI, WA TAUBATAN QABLAL MAUT, WARAHMATAN INDAL MAUT, WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUT. ALLAHUMMA HAWWIN ‘ALAINAA FII SAKAROOTIL MAUT, WAN NAJAATA MINAN NAARI, WAL ‘AFWA INDAL HISAB.”

Keutamaan Membaca Doa Setelah Solat Duha

Banyak sekali keutamaan doa setelah Solat Duha yang bisa didapatkan oleh semua muslim. Bukan hanya pahala saja yang akan diperoleh ketika diamalkan namun juga memberikan banyak sekali manfaat besar dalam kehidupan. Manfaat dan keutamaan yang akan dirasakan antara lain:

1. Ketenteraman Hati

Setiap islam yang mengerjakan solat duha dan mengamalkan doa-doa diatas akan semakin lega dalam mengawali aktifitas kesehariannya. Bahkan meski ada masalah di hari itu juga, mereka tidak akan pernah mengeluh dalam menjalankan rutinitasnya. Seorang muslim akan semakin yakin jika semua kehidupan didunia ini hanyalah titipan dari Allah.

Selain itu semua umat muslim akan diberikan kelapangan dada karena mereka yakin jika pertolongan Allah selalu ada. Masalah adalah ujian kecil yang selalu ada jalan keluarnya. Allah tidak akan memberikan ujian yang melebihi kekuatan muslim, dan jika dilalui dengan iklas maka ujian ini akan menambah ketabahan, kekuatan dan ketenangan saat menjalankannya.

2. Kemudahan Memperoleh Rejeki

Doa yang dibaca rutin setelah mengerjakan solat duha juga memberikan kemudahan dalam mencari rejeki. Doa ini memberikan kenyamanan dan ketenangan seorang muslim saat bekerja. Bahkan semua jenis pekerjaan akan semakin berkah untuk mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan.

Semua orang pasti dipusingkan dengan pekerjaan, dan hal yang paling dikeluhkan adalah pendapatan atau gaji. Jika umat muslim rajin mengerjakan solat duha maka mereka akan diberikan kelimpahan rejeki dalam bentuk apapun. Semua kebutuhan hidupnya akan dipenuhi oleh Allah apalagi jika mereka taat menjalankan perintahNya.

3. Menyehatkan Tubuh

Menjalankan solat sunnah duha juga memberikan kesehatan bagi umat muslim semuanya. Bahkan dalam kandungan doa yang ada didalamnya juga memberikan jaminan jika semua muslim akan selalu dilindungi oleh Allah dalam kesehatannya.

Baca Juga :   Niat Sholat Witir, Tata Cara dan Keutamaan Mengerjakannya

Gerakan solat duha mampu menguatkan semua otot didalam tubuh. Dengan tidak langsung mengerjakan solat duha bisa dijadikan olahraga yang akan menyehatkan setiap pagi. Badan pada pagi hari masih sangat lentur, dengan gerakan rutin maka setiap pagi seseorang akan semakin sehat dalam mengawali aktifitasnya.

4. Jaminan Istana Megah di Surga

Allah SWT sudah menjelaskan jika semua ibadah yang dilakukan iklas akan menjadikan pahala besar. Semua pahala ini bahkan akan dijadikan jaminan jika semua muslim akan dibuatkan istana megah di Surga nantinya. Namun jika muslim yang sering melakukan dosa sudah pasti akan dijatuhkan ke jurang api neraka yang panas.

Dengan menjalankan ibadah sunnah ini, pahala sudah pasti akan mengalir setiap harinya. Maka dari itu dengan rajin mengerjakan solat duha harapan besar yang akan didapatkan umat muslim adalah memperoleh jaminan surga oleh Allah SWT di akhirat nantinya.

5. Wajah Terlihat Bercahaya

Sholat Dhuha memberikan manfaat lain yaitu membuat wajah setiap muslim terlihat menjadi semakin bercahaya. Karena setiap muslim yang mengerjakan salat Dhuha sudah pasti sudah rajin mengerjakan salat lima waktu sesuai perintah Allah.

Alasannya adalah setiap muslim selalu mencuci muka saat berwudhu setidaknya minimal lima kali dalam sehari. Faktor kesehatan menyatakan apabila muka seringkali dibasuh dengan air, maka kotoran akan semakin mudah hilang. Itulah kenapa seseorang yang rajin melaksanakan salat wajahnya semakin bercahaya.

6. Terhindar Dari Keburukan

Ibadah salat memang mengajarkan setiap muslim untuk terus mengingat Allah. Mereka akan semakin dijauhkan dari berbagai keburukan dunia. Hal ini tentu saja akan membatasi setiap muslim untuk bertindak jahat ataupun berpikiran buruk tentang seseorang.

Bagi setiap muslim yang rajin melaksanakan ibadah salat sunnah akan melengkapi ibadahnya selain mengerjakan salat lima waktu. Setiap tindakan dan perbuatan yang dilakukan pastinya akan selalu berdasarkan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Itulah beberapa hal yang akan menghindari setiap muslim dari keburukan.

7. Jalan Meminta Pengampunan

Dengan mengerjakan salat duha dan mengucapkan doa-doa setelahnya, tentu saja adalah menjadi salah satu waktu yang tepat untuk memohon ampunan kepada Allah. Bahkan dalam sebuah hadis menyatakan jika salat duha akan mengampuni semua dosa dan menjadikan dosa-dosa tersebut hanya sebesar buih yang ada di lautan. Untuk itu kerjakanlah salat dhuha secara rutin dan ikhlas setiap hari.

Penutup

Itulah beberapa doa setelah Solat Duha yang bisa anda amalkan untuk memenuhi ibadah harian. Dengan mengerjakan salat sunnah ini banyak sekali manfaat dan juga keutamaan yang akan anda dapatkan sampai hari kiamat nanti.