Home » Pendidikan » Persyaratan Usia dan Ketentuan PPDB Jenjang Pendidikan

Persyaratan Usia dan Ketentuan PPDB Jenjang Pendidikan

Tika Purwana July 11, 2024

kabarmalut.co.id – Dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), calon siswa harus memenuhi syarat usia tertentu untuk bisa masuk ke jenjang pendidikan seperti TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan sekolah sederajat. Persyaratan usia ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021. Aturan ini berlaku juga untuk sekolah sederajat seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Selain batas usia, calon siswa juga harus memenuhi beberapa syarat lain untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

” Baca Juga: Protes Warga Mallorca Terhadap Turis Asing “

Syarat Usia Masuk TK

Untuk masuk TK, calon siswa harus memenuhi kriteria usia sebagai berikut, pada kelompok A, usia minimal adalah 4 tahun dan maksimal 5 tahun, sementara pada kelompok B, usia minimal adalah 5 tahun dan maksimal 6 tahun.

Syarat Usia Masuk SD/MI

Calon siswa yang ingin masuk ke kelas 1 SD atau MI harus berusia minimal 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Prioritas diberikan kepada calon peserta yang berusia 7 tahun. Namun, calon yang berusia 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan dapat diterima jika memiliki kecerdasan atau bakat istimewa. Dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional atau dewan guru sekolah terkait.

Syarat Usia Masuk SMP/MTs

Untuk masuk kelas 7 SMP atau MTs, calon siswa harus berusia maksimal 15 tahun. Pada tanggal 1 Juli tahun berjalan dan sudah lulus dari kelas 6 SD atau jenjang sederajat.

Baca Juga :   Peningkatan Penerimaan Beasiswa IISMA Tahun 2024

Syarat Usia Masuk SMA/SMK/MA

Calon siswa yang ingin masuk ke kelas 10 SMA, SMK, atau MA harus berusia maksimal 21 tahun. Pada tanggal 1 Juli tahun berjalan dan sudah lulus dari kelas 9 SMP atau jenjang sederajat. Untuk SMK, bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian tertentu mungkin memiliki persyaratan tambahan sesuai dengan jurusannya.

Persyaratan dan Ketentuan Lainnya

Beberapa persyaratan tambahan dalam PPDB antara lain. Usia peserta harus dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dilegalisir oleh pihak berwenang. Tanda kelulusan dari pendidikan sebelumnya harus dibuktikan dengan ijazah atau dokumen sah lainnya. Calon siswa dari luar negeri, baik WNI maupun WNA, harus mendapatkan surat rekomendasi izin belajar. Dari direktur jenderal yang membidangi pendidikan anak usia dini. Pendidikan dasar, dan pendidikan menengah untuk calon peserta didik baru SMP dan SMA. Dan direktur jenderal yang membidangi pendidikan vokasi untuk calon peserta didik baru SMK.

Sekolah yang menerima peserta didik WNA wajib menyelenggarakan matrikulasi pendidikan bahasa Indonesia selama minimal 6 bulan. Jika tidak dilaksanakan, akan ada sanksi administratif berupa peringatan tertulis. Persyaratan usia tidak berlaku untuk sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus. Pendidikan layanan khusus, dan yang berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar. Selain itu, batas usia dan syarat ijazah dikecualikan bagi penyandang disabilitas.

” Baca Juga: Marco Bezzecchi: Kenangan Bersama Tim Valentino Rossi “

Dengan memahami persyaratan ini, orang tua dan calon siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk proses PPDB di berbagai jenjang pendidikan.