Home » Umum » Sanksi Tegas Bagi ASN yang Membolos Usai Libur Idul Adha

Sanksi Tegas Bagi ASN yang Membolos Usai Libur Idul Adha

Tika Purwana July 11, 2024

kabarmalut.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu berencana untuk memberikan sanksi tegas kepada aparatur sipil negara (ASN) baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang membolos usai libur Idul Adha. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu, Sulaiman, menyatakan bahwa ASN harus kembali bekerja seperti biasa setelah libur Idul Adha berakhir. “Kami akan memberi sanksi jika ada ASN yang menambah libur atau absen bekerja besok. Seharusnya besok sudah mulai kembali berkantor atau bekerja seperti semula karena hari ini terakhir libur lebaran,” kata Sulaiman saat dikonfirmasi pada Selasa, 18 Juni 2024.

” Baca Juga: FIFA Jatuhkan Sanksi Larangan Transfer kepada Persik Kediri “

Aturan dan Sanksi bagi ASN yang Membolos

Sulaiman menjelaskan bahwa sesuai dengan aturan yang berlaku, sanksi bagi ASN yang membolos akan diawali dengan teguran lisan. Jika pelanggaran tersebut berulang, maka ASN akan mendapatkan teguran tertulis. Apabila masih berulang, maka akan dikenakan sanksi ringan. “Sesuai yang diatur dalam PP 94 tahun 2021, pasal 5 soal kewajiban, salah satunya di huruf e itu menjelaskan ASN melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan penuh tanggung jawab,” ucap Sulaiman. Ia menambahkan bahwa ASN yang melanggar Pasal 5 PP 94 tahun 2021 akan dikenakan hukuman disiplin. Ini terdiri dari hukuman disiplin ringan, disiplin sedang, dan disiplin berat.

Harapan untuk Kedisiplinan ASN

Meskipun Pemkab Luwu siap memberikan sanksi kepada ASN yang tidak menaati aturan. Sulaiman optimis bahwa para ASN akan mematuhi aturan yang sudah ada, terutama terkait libur Idul Adha. “Macam-macam, ada hukuman disiplin ringan, disiplin sedang, dan disiplin berat. Tetapi kita mau ASN atau PPPK Pemkab Luwu bisa taat dan menghindari hal ini,” ujar Sulaiman. Dia menambahkan bahwa berdasarkan pengamatannya, mayoritas ASN akan masuk kerja dan tidak akan banyak yang bolos. “Kalau saya lihat ASN akan masuk semua dan tidak banyak yang bolos kerja. Libur saat ini kan hanya libur Idul Adha dan tidak banyak yang pulang kampung,” tutur Sulaiman.

Baca Juga :   Kode Bank Mandiri dan Cara Transfer Menggunakan Kode Bank

Peningkatan Kedisiplinan Pasca Libur

Keputusan untuk menerapkan sanksi tegas ini diambil untuk memastikan bahwa pelayanan publik tetap berjalan lancar dan tidak terganggu oleh absensi ASN yang tidak bertanggung jawab. Sulaiman berharap dengan adanya sanksi yang jelas dan tegas. Para ASN akan lebih disiplin dalam menjalankan tugas mereka dan tidak menambah libur tanpa izin. Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab ASN dalam melaksanakan tugas kedinasan dengan lebih baik.

” Baca Juga: Menikmati Keindahan Lain dari Sungai Citarum “

Kesimpulan

Dengan adanya ancaman sanksi ini, Pemkab Luwu berusaha untuk menegakkan disiplin dan memastikan bahwa ASN tetap menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Kebijakan ini juga merupakan upaya untuk menjaga integritas dan profesionalisme di lingkungan pemerintahan Kabupaten Luwu. Sulaiman yakin bahwa langkah ini akan membawa dampak positif terhadap kinerja ASN dan pelayanan publik di daerah tersebut. Dengan demikian, diharapkan ASN dapat bekerja dengan lebih baik dan memberikan kontribusi maksimal bagi masyarakat Kabupaten Luwu.