Siltap dan Tunjangan Pemdes di Halbar Tersalur

  • Bagikan
Kepala BPPKAD Halbar, Can Ahmad

JAILOLO – Badan Pendapatan Pengelulaan Keuangan dan Aset Derah (BPPKAD) Halmahera Barat (Halbar), akhirnya menyalurkan Penghasilan Tetap (Siltap) dan tunjangan Pemerintah Desa (Pemdes) ke Bank Maluku Cabang Halbar. Dengan begitu, pihak Pemdes sudah dapat melakukan pencairan.

“Siltap dan tunjangan Pemdes sudah tersalur, sehingga Kades dan bendahara sudah bisa lakukan pencairan,” ungkap Kepala BPPKAD Halbar, Can Ahmad kepada KabarMalut di kantor Bupati Halbar, Kamis (25/1/2018).

Sejumlah Kades, Sekdes, dan Bendahara Desa antri melakukan pencairan di Bank Maluku

Menurutnya, keterlambatan penyaluran karena menunggu proses pemeriksaan dokumen permintaan yang harus dikonsultasi ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait petunjuk teknis Sistem Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes). Dengan begitu, baru bisa dibuat permintaan lewat aplikasi Siskeudes. Selain itu juga, pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Halbar meminta untuk koreksi kembali sebab adanya kenaikan Siltap dan tunjangan.

“Sedikit terlambat karena masih menunggu proses pemeriksaan dokumen permintaan yang kemudian diselesaikan hari kemarin, sehingga sudah bisa dicairkan,” cetusnya.

Lanjut Can, untuk bulan Januari ini yang diperuntukan Siltap dan tunjangan kepada 176 desa sebesar Rp. 2,8 miliar.

“Sebenarnya, sejak kemarin sudah bisa tersalur ke Bank Maluku, tetapi karen saya lagi sakit kemarin, sehingga baru hari ini baru bisa disalurkan, kemudian dicairkan oleh Pemdes,” terangnya.

Usai disalurkan, sejumlah Kades, Sekdes dan Bendahara, sedang antrian menunggu pencairan di Bank Maluku. (*)

 

Editor: Narjo Usman

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut