Wujudkan Program Jagung, Porniti Sediakan Lahan 25 Hektar

  • Bagikan
Pembersihan lahan tanam jagung di desa Porniti

JAILOLO – Mewujudkan program Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melalui sektor Pertanian. Pemerintah Desa (Pemdes)  Porniti Kecamatan Jailolo, di awal tahun 2018 ini sudah menyediakan lahan seluas 25 hektar, untuk persiapan gerakan tanam jagung.

Berdasarkan pantauan KabarMalut, Kamis (1/2/2018), di lokasi, kelompok tani Coin Madoto Porniti yang berjumlah 25 orang itu, sedang melakukan pembersihan lahan, yang dibantu dengan alat traktor pertanian, langsung dipandu Kepala Desa Porniti, ST Panus Balatjai, juga dipantau Kepala Dinas Pertanian Halbar, Totari Balatjai.

Kepala Desa Porniti, ST Panus Balatjai kepada mengatakan, pihaknya sangat berkeinginan untuk mengembangkan potensi tanaman jagung di Desa Porniti, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halbar.

“Seperti diketahui, Desa Porniti merupakan salah satu desa di Kecamatan Jailolo, yang rata-rata penduduknya bermata pencarian sebagai petani pekebun. Sehingga dengan program Bupati Halbar Danny Missy, yang membawa masuk investor untuk mengembangkan usaha tani sangat diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Kades Porniti, ST Panus.

Menurutnya, masyarakatnya sangat menyambut baik hadirnya investasi usaha tanaman jagung di desa tersebut.

“Selama ini, pengembangan lahan usaha jagung terkendala pada pemasarannya. Tapi kalau investor mau mengembangkan sekaligus memasarkan, tentu kami sangat siap,” ujarnya.

Buktinya, kesiapan masyarakat desa Porniti, telah ditunjukkan dengan mempersiapkan lahan seluas 25 hektar, yang akan dikembangkan menjadi 100 hektar  untuk ditanami jagung. Dengan sistem pola kemitraan antara masyarakat dan pemerintah kabupaten.

“Lahan yang di buka sekarang ini baru berjalan 10 hektar dan akan berlanjut,” ungkapnya.

Kadis Pertanian Halbar, Totari Balatjai

Keinginan tersebut, juga langsung mendapat tanggapan positif dari Kepala dinas Pertanian Halbar Totari Balatjai, menyatakan, langka desa Porniti sudah sesuai visi dan misi pemerintah kabupaten Halmahera Barat pada pengembangan agribisnis dan agroindustri, Pemkab terbuka dengan para investor yang mau mengembangkan usaha pertanian.

“Kalau adanya Investasi dari investor Negara Korea Selatan (Korsel) yang bakal adanya kerja sama dengan Pemkab itu cukup menarik. Mereka tak hanya berencana mengembangkan tanaman jagung, tapi sekaligus menyambungkan mata rantai produksi dengan pemasarannya. Dengan rencana tersebut, peluang pasarnya jadi semakin luas,” tandasnya.

Lanjut Om Tari sapaan akrabnya, menjelaskan, pengembangan tanaman jagung tersebut, akan ditempatkan di lokasi yang lahannya sudah siap. Termasuk kesiapan dari masyarakatnya. Dengan harapan, dapat memberi nilai tambah pada masyarakat setempat.

“Jadi nantinya, pengembangan produksi jagung dan turunannya juga akan terintegrasi dengan perkebunan kelapa, dan kita sudah sediakan bibit jenis jagung ibrida bisi,” jelasnya.

Dikatakannya, pembukaan lahan ini disambut baik oleh Pemkab karena akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Dengan begitu,  pihaknya tetap berharap masyarakat Porniti dapat mendukung dan bersemangat untuk membudidayakan tanaman jagung. Selain mendukung program pemerintah kabupaten Halmahera Barat, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Pemkab Halbar melalui Dinas Pertanian memberikan apresiasi atas program desa yang prioritaskan jagung untuk disesuaikan dengan program Pemkab. Jadi atas semangat masyarakat desa Porniti untuk ikut melakukan penanaman. Apalagi kedepan, target Pemkab Halbar menjadi sentra jagung,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Ong

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut