Gugat KPU, Bur-Jadi Ngotot Gugurkan AGK-Ya

  • Bagikan
Suasana sidang sengketa pemilu

TERNATE – Sidang sengketa pemilu paska diputuskannya 4 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, dengan pemohon pasangan Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaludin (Bur-Jadi)  kepada Bawaslu Malut, terkait keputusan KPU Malut yang meloloskan pasangan Abdul Ghani Kasuba dan Al Yasin Ali (AGK-YA) dalam pilgub 2018.

Kuasa hukum Bur-Jadi, Sarman Saraoeden dalam membaca permohonannya mendesak Bawaslu agar membatalkan keputusan KPU dengan memutuskan pasangan AGK-YA digugurkan sebagai peserta pemilihan, karena dinilai melanggar aturan, dimana rekomendasi PKPI yang diberikan kepada AGK-YA tidak sah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

“Bahwa Perbuatan TERMOHON yang menerima serta memperoses Pengusungan partai Politik pengusul PKPI terhadap Bakal Calon Gubernur Maluku Utara atas nama KH, ABDUL GANI KASUBA, Lc, dan In. M. AL Yasin ALI, MT (AGK-YA) adalah perbuatan melawan hukum yang nyata-nyata telah bertentangan dengan Norma PKPU itu sendiri Vide- pasal 6 ayat (1), ayat (4), ayat (5) dan ayat (7), PKPU nomor 3 Tahun 2017,” kata Sarman dalam bacaan permohonannya  dalam sidang yang berlangsung di kantor Bawaslu Malut, Rabu (21/2/2018).

Sarman menilai, KPU telah melakukan diskriminasi dengan meloloskan AGK-YA, pasalnya pada tanggal 10 Januari 2018, PKPI telah mendaftarkan Bur-Jadi di KPU akan tetapi KPU memutuskan AGK-YA lolos dengan rekomendasi PKPI.

“Padahal dalam pasal 6 telah jelas bahwa partai yang sudah memberikan rekomendasi dan mendaftar pada KPU tidak bisa menarik rekomendasinya kembali, sehingga kami menilai telah terjadi pelanggaran terhadap UU PKPU,” ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan alasan-alasan tersebut, mohon kepada Bawaslu  Malut untuk menjatuhkan putusan sebagaimana permohonan pemohon, yang menyatakan sah dukungan Partai Pengusul PKPI kepada pasangan calon Bur-Jadi dan membatalkan dukungan Partai Pengusul PKPI kepada AGK-YA. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut