Pinjaman Pemkab Halbar Dinilai Sudah Sesuai

  • Bagikan
Kepala BPKD Halbar, Can Ahmad

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Pemkab Halbar) melakukan pinjaman sebesar Rp 150 miliar, berdasarkan pertimbangan Kemendagri dan Kemenkeu, serta berdasarkan rasio kemampuan keuangan daerah.

“Sesuai makanisme Pemkab mengajukan dan yang memberi pertimbangan adalah Kemendagri,” ungkap Kepala BPKAD Halbar, Can Ahmad kepada KabarMalut, via Hanphone, Selasa (13/3/2018).

Hal serupa juga disampaikan Kabid Perbendaharaan BPKD Halbar Muhammad Marasabessy, bahwa Pemkab melakukan pinjaman baik itu berbentuk pinjaman jangka menengah, yang disesuaikan dengan rasio kemampuan keuangan daerah untuk mengembalikan pinjaman yang ditetapkan oleh Pemerintah dan lagi pula sudah ada pertimbangan Kemendagri. Karena, dari jumlah penerimaan umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari tahun – tahun sebelumnya.

“Jadi pinjaman ini disesuaikan dengan masa periode Pak Bupati berakhir maka,” tandasnya.

Menurutnya, Pemkab hanya mengajukan permohonan dan Kemendagri yang membuat pertimbangan berdasarkan kategori atas pinjaman tersebut.

“Indikator pinjaman maupun persyaratannya sudah disampaikan, nanti mereka (Kemendagri) yang mengevaluasi,”cetusnya.

Walapun demikian, lanjut Moh, sapaan Muhammad Marasabessy ini, dirinya beralasan belum memegang data pinjaman daerah karena sedang berada diluar daerah (Jakarta).

“Jadi gini, saya tidak pegang data pinjaman karena sedang berada diluar daerah, nanti tinggu saya balik,”pungkasnya. (Ong)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut