Proyek Air Bersih Terkendala Izin Lingkungan

  • Bagikan
Direktur PDAM Kota Ternate, Saiful Jafar

TERNATE –  Proyek pembangunan air bersih di Danau Ngade yang sedang dikerjakan Perusahaan Daerah Air Minum, kini terus berproses. Namun pekerjaan mengalami kendala perizinan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, karena harus memiliki izin lingkungan.

“Pembangunan proyek air bersih di Danau Ngade sudah tidak bermasalah, karena lokasi punya PDAM. Tinggal menunggu perijinan lingkungan dari DLH saja,” ungkap Direktur PDAM Kota Ternate, Saiful Jafar Ketikan dikonfirmasi Selasa (20/3).

Menurutnya,  jauh sebelumnya proyek ini dikerjakan, PDAM sudah siapkan Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL-RPL). Kini DLH sedang melakukan uji Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

“Dalam minggu ini Amdal sudah sidang dan dapat selesai, jadi secara pelaksanaan di lapang tidak ada masalah, kecuali hanya izin saja yang saat ini kita dalam proses penyelesaian,” tuturnya.

Semantara permasalahan pembebasan lahan di Danau Ngade yang dibahas oleh DPRD baru-baru ini, Saiful mengaku sudah teratasi, karena PDAM sudah melakukan pembebsan di pinggiran Danau Ngade dan satu tahun lalu sudah dibebaskan.

“Yang jadi masalah dengan pemilik lahan adalah tempat pengambilan air yang lama itu tidak diizinkan pemiliknya. Sehingga kita pindah ketempat yang baru, dan kita sudah bebaskan beberapa minggu lalu, yang lebih dekat ke instalasi air, sehingga tidak lagi ada masalah tinggal pelaksanaannya saja,” jelasnya.

Saiful menambahkan, pembangunan reservoir sudah dibangun diantara Ngade dan sedang berjalan, sementara di Jan sudah selesai dicor. Kemudian di Maliaro Puncak pun sudah selesai dicor, tinggal menunggu pipa koneksi dari Maliaro yang sementara dikerjakan.

“Untuk dalam kota tidak bisa dilakukan pekerjaan pada siang hari, karena mengganggu aktifitas pengguna jalan. Sehingga malam hari baru dilakukan pekerjaan, resiko kerja dalam kota seperti itu sehingga masih menunggu,” tutupnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut