Dinas Pertanian Halsel Razia Hewan Ternak Liar

  • Bagikan
Hewan ternak yang berkeliar bebas di Kota Labuha

LABUHA – Maraknya hewan ternak yang berkeliaran di pusat Kota Labuha dan sekitarnya, mengudang perhatian khusus bagi Dinas Pertania Halmahera Selatan (Halsel) untuk melakukan razia.

Kepala Dinas Pertanian Halsel, Sofyan Bahcmid menuturkan penertiban hewan ternak yang berkeliar di jalan sudah ditentukan dalam Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dan penertiban hewan ternak yang liar selama ini sudah dilakukan. Hanya saja, dalam Perkada itu mengatur hewan liar yang sudah ditangkap dikembalikan lagi kepada pemiliknya.

“Jadi Peraturan Kepala Daerah itu ada, persoalan kita sudah sosialisasi malah kita sudah tangkap hewan sapi dan kambing yang berkeliaran, tapi dalam peraturan itukan ada pengembalian, maksudnya kalau kita sudah tangkap lalu masyarakat datang ambil kita kembalikan dulu,” ungkap Sofyan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/4/2018).

Sofyan menambahkan, operasi penangkapan yang kedua direncanakan bekerja sama dengan Satop PP. Dan hewan yang sudah tangkap tidak dikembalikan lagi karena sudah ada sosialisasi lewat kepal desa, geraja dan masjid, bahwa namanya hewan ternak itu dilarang berkiliaran.

“Insya Allah rencana dilakukan kegiatan itu dalam rangka menghadapi MTQ dan Bulan suci Ramadan. Untuk lokasinya ada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Bacan, Bacan Selatan dan Kecamatan Bacan Timur,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut