Minim Anggaran, Pelayanan Sampah Tak Maksimal

  • Bagikan
Kepala DPLH Haltim, Harjo Gafur

MABA – Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) mengaku jika saat ini pelayanan sampah di Kota Maba tak maksimal. Hal ini dikarenakan minimnya anggaran yang tersedia.

“Ribet pelayan persampahan ini, karena memang belum maksimal dukungannya, padahal Pemda sudah memaksimlakan hanya lagi-lagi persoalan anggaran,” ungkap Kepala DPLH Haltim, Harjo Gafur kepada KabarMalut, Selasa (8/5/2018).

Ia menjelaskan, pelayanan sampah ini cukup banyak, mulai dari Bandara Buli Maba hingga Bicoli Maba Selatan. Dan saat ini juga satu armada telah rusak, sehingga harus bekerja secara rolling, yakni pagi dan siang.

“Jadi kalau mau kelolah sampah juga belum bisa, karena banyak dukungannya yang harus dipenuhi,” akunya.

Sehingga itu, lanjut Harjo, untuk memkasimalkan semua, saat ini pihaknya telah melakukan konsultasi ke luar daerah, mengingat kondisi keuangan saat ini masih belum mencukupi.

“Mengingat kondisi keuangan saat ini masih menipis maka kami sudah mulai lobi-lobi ke pusat, muda-mudahan dapat direalisasi,” cetusnya. (Ajo)

  • Bagikan

Respon (1)

  1. Ada banyak cara untuk menanggani sampah tambah harus membutuhkan uang yg banyak…
    Yaitu dengan cara 4R
    1 replace (menganti) yaitu menganti barang yg tidak tahan lama dan bisa menghasilkan banyak sampah dengan bahan yg awet dan menghasilakn sedikt sampah
    2 reuse ( memakai kembali) yaitu memanfaatkan kembali barang untuk membuat barang lain yg bermanfaat misalnya kerajinn tangan dan lainnya
    3 resuce ( mengurangi) yaitu menggurangi pemakaian barang agar sampah yg dihasilkan dapat berkurang misal tisu di ganti sapu tanga dan lain lainnya..
    4 Recycle mengolah sampah menjadi barang yg bermanfaat misalnya botol aqua bisa dijadikan hiasan..
    Dan masih banyak cara lagi untuk menggurangi sampah tampah harus memerlukan uang yg banyak..
    Sekian dan terimamkasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut