Waktu Adzan di Ternate Bakal Diatur

  • Bagikan
Kepala Kemenag Ternate, Adam Ma'rus

TERNATE – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ternate merencanakan bakal mengatur waktu adzan di Kota Ternate. Hal ini dilakukan agar waktu adzan bisa dilakukan bersamaan sesuai waktu tiba shalat.

“Hal ini (waktu adzan) sudah pernah kami sampaikan di masjid khususnya pada pengurus masjid yang ada di Kota Ternate, apabila adzan untuk waktunya bisa dilakukan secara bersamaan agar supaya ketika orang mendengar, bisa terdengar kompak dan seirama dan tidak mengganggu waktu ibadah dan aktivitas orang lain (non-muslim),” ungkap Kepala Kemenag Ternate, Adam Ma’rus kepada wartawan, Senin (3/9/2018).

Adam menjelaskan untuk wilayah Kota Ternate tidak ada masalah terkait Surat Edaran Menteri Agama, namun Kemenag bersama Pemkot Ternate dan stakeholder terkait, akan berkoordinasi dengan pengurus masjid dengan mensosialisasikan aturan tersebut. Mengingat kendala yang ada yakni tidak ada patokan waktu dan kurang disiplinnya muadzin saat jam adzan.

“Hal ini agar waktu adzan serentak sama-sama dilakukan. Sehingga kedepannya nanti Kemenag akan menjadikan salah satu masjid atau radio RRI Ternate sebagai patokan untuk waktu adzan untuk Kota Ternate,” jelasnya.

Terkait Surat Edaran Menteri Agama, bagi Adam untuk Kota Ternate tidak ada masalah, karena penduduk Kota Ternate mayoritas muslim. Hanya perlu diperhatikan oleh pengurus masjid atau musallah serta para muadzin untuk bisa mengatur volume adzan serta waktu adzan secara bersamaan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut