Disperindakop Ancam Cabut Izin Agen Nakal

  • Bagikan
Kepala Disperindagkop dan UKM Pulau Morotai, Suryati Suaib

DARUBA – Banyaknya keluhan masyarakat atas mahalnya penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM)  jenis Minyak Tanah di agen membuat geram Dinas (Kadis) Perindustrian Perdaganganan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindakop dan UKM) Pulau Morotai.

Kepala Disperindagkop dan UKM Pulau Morotai, Suryati Suaib mewanti-wanti bakal mengambil langkah tegas, jika tidak sesuai dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah.

“Jika agen menjualnya tidak sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan, saya akan cabut izin usahanya,” tegas Suryati saat dikonfirmasi, Kamis (13/9/2018).

Harga jual minyak tanah di agen menggunakan harga subsidi yakni Rp 4 ribu per liter. Pemerintah juga telah mengalokasikan kuota per kepala keluarga (KK) sebanyak 10 liter per bulan.

“Jadi menggunakan harga subsidi, untuk itu agen tidak boleh menjualnya dengan harga yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Masyarakat diimbau untuk melaporkan ke Disperindagkop dan UKM jika menemukan ada agen yang sengaja menjual minyak tanah tidak sesuai harga tersebut. Laporan harus disertai bukti baik berupa foto maupun video sehingga mudah ditindak.

“Bagi masyarakat yang menemukan agen menjual minyak tanah diatas harga yang telah ditetapkan, tolong foto atau video, serahkan ke saya karena dengan adanya bukti foto dan video sebagai dasar untuk menindak agen nakal itu,” ungkapnya.

Menurut Suryati, sering terjadi kelangkaan minyak tanah di tengah-tengah masyarak bukan karena kesalahan agen, melainkan faktor masyarakat itu sendiri yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli sesuai jatah disediakan.

“Setiap KK disediakan jatah 10 liter, jadi  jika masyarakat hanya membeli 5 liter, ya masyarakat yang rugi, karena minyak subsidi dijual hanya sebulan sekali,” cetusnya.

Diketahui, terdapat sejumlah agen di Desa Sangowo, Totoduku, Gotalamo dan Muhajirin tidak menjual minyak tanah ke pengencer, kemudian oleh pengencer dijual kembali dengan harga Rp 6 ribu per liter. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut