2019 Tarif Air PDAM Naik

  • Bagikan
Kabag Administrasi PDAM Kota Ternate, Mirsa G Hi Hasyim

TERNATE – Mengarah pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri)  nomor 23 tahun 2006 tentang Pedoman Teknis dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air Minun pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Direktur PDAM Kota Ternate melakukan pengusulan  penyesuaian tarif air di tahun 2019 kepada Walikota Ternate.

Hal ini mengacu pada biaya operasional PDAM dan kebutuhan air bersih masyarakat Ternate yang tidak berkesinambungan.  Dimana pembiayaan lebih besar dibandingkan pendapatan melalui penjualan air PDAM kepada pelanggan.

“Seperti yang diketahui rata-rata harga jual (tarif) air per meter kubik sebesar Rp 4.451, sedangkan harga pokok air sebesar Rp 4.596. Sehingga harga jual yang berlaku tersebut belum bisa menutup biaya secara penuh (full cost recovery),” Ungkap Kabag Administrasi PDAM Kota Ternate, Mirsa G Hi Hasyim kepada KabarMalut saat dikonfirmasi, Senin (17/9/2018).

Untuk Kota Ternate, walikota harus mengevaluasi terdahulu mengenai pendapatan PDAM,  biaya operasional dan teknis yang harus disesuaikan dengan UMP masyarakat Ternate.  Dengan demikian pembiayaan yang harus dibiayai oleh PDAM bisa terpenuhi.

“Kami berharap pak Walikota Ternate bisa secepatnya merespon dan menyetujui pengusulan tarif air di tahun 2019, agar operasional busa berjalan dengan baik, pelanggan juga bisa mendapatkan pelayanan air bersih dengan baik dan lancer,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut