Unipas Bantah Penyebab Mahasiswa Tak Wisuda Karena 6 Prodi Belum Akreditasi

  • Bagikan
Warek III Unipas Morotai, Amrin Sibua (kanan), didamping Warek I Subhan Hayun (tengah) dan Karo Akademik Unipas, Aggriyawan Djafar saat mengklarifikasi pernyataan Warek II Unipas, Irfan Hi Abdurahman

DARUBA – Pihak Universitas Pasifik (Unipas) Pulau Morotai, membatah penyebab utama ratusan mahasiswa tak kunjung wisuda karena 6 Program Studi (Prodi) belum terakreditasi, sebagaimana disampaikan Warek II Unipas, Irfan Hi Abdurahman kemarin. Menurut Unipas, belum wisudahnya para mahasiswa karena terdapat beberapa dosen yang hingga kini belum memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan masih diproses.

“Akreditasi program studi bukan penyebab utama keterlambatan wisuda, memang ini juga salah satu persyaratan. Namun yang menjadi saat ini adalah karena ada beberapa dosen yang Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) belum ada,” ungkap Warek III Unipas, Amrin Sibua didampingi Warek I Subhan Hayun dan Karo Akademik Unipas, Aggriyawan Djafar kepada sejumlah wartawan, Rabu (19/9/2018).

Menurut Amrin, terdapat tiga dosen Unipas yang belum miliki NIDN-nya dua diantaranya hingga kini belum diterbitkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek-Dikti). Hal ini menjadi kendala tak bisa widudakan mahasiswa.

“Tinggal dua dosen belum ada (NIDN), sehingga menjadi kendala untuk wisuda mahasiswa Unipas, karena persyaratan untuk wisuda maksimal semua dosen harus memiliki NIDN, bukan keterlambatan akrediatasi program studi,” terangnya.

Khusus 6 Prodi yang belum terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Amri menjelaskan pihaknya sudah berupaya untuk melengkapi semua berkas dan prersyaratan untuk diakreditasi.

“Syarat dan ketentuannya harus dipenuhi, jadi 6 program studi itu sementara berkasnya sudah disiapkan. Sekarang ini samua sistemnya online, jadi harus melengkapi semua berkasnya dulu, 6 program studi itu ada beberapa program studi yang datanya sudah diupload, tinggal tunggu konfirmasi balik persyaratan apa yang kurang untuk akreditasi,” pungkasnya.

Baca Juga : 6 Prodi Belum Terakreditasi, Mahasiswa Unipas Tak Kunjung Wisuda

Sebelumnya, Warek II Unipas, Irfan Hi Abdurahman mengatakan lambatnya wisuda di karenakan 6 program studi yang menjadi penghalang terkait dengan ratusan mahasiswanya yang hingga saat ini tak kunjung di wisudakan. Prosedur dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), bahwa jika Kampus yang gelar wisuda wajib penuhi akreditasi program studI.

“Nah yang terjadi Unipas terdapat enam program studi yang belum terakreditasi. Ini penyebab Unipas belum gelar wisuda,” sebut Irfan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut