Percepat Penyerapan DD Taliabu, DPMD Rakor Dengan Camat

  • Bagikan
Kepala DPMD Pulau Taliabu, Muhlis Soamole

BOBONG – Mempercepat penyerapan anggaran Dana Desa (DD), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Taliabu, menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Kepala Pemerintahan Kecamatan (Camat) se-Pulau Taliabu. Rakor ini guna menghidupkan kerja sama lintas sektor terutama Camat agar dapat menkordinir para kepala desa (Kades) di wilayahnya masing-masing terkait percepatan penyampaian laporan  realisasi DD tahap II dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Kepala DPMD Pulau Taliabu, Muhlis Soamole mengaku pertemuan ini intinya untuk mempercepat proses penyerapan anggaran di desa, sehingga target-target pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa pun dapat terlaksana dengan baik.

“Inti dari pada Rakor tersebut agar para Camat dapat berkoordinasi dengan kepala-kepala desa di wilayahnya masing-masing, agar segera mengurus atau menyampaikan laporan realisasi DD maupun ADD agar penyerapan anggaran di desa itu tidak terlambat, karena target kami adalah pembangunan dan pemberdayaan di masing-masing desa itu dapat berjalan dengan baik,” ungkap Muhlis kepada wartawan di kantor DMPD, Jumat (26/10/2018).

Hingga saat ini kata Muhlis, dari 71 desa di Pulau Taliabu, baru 29 Kades menyampaikan laporan realisasi DD tahap II, seisahnya 42 desa belum menyampaikan laporannya. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap pencairan DD tahap III, sebab kata dia, DD hanya bisa dicairkan apa bila seluruh desa telah menyampaikan laporan realisasi tahap sebelumnya.

“”Satu desa saja yang belum memasukan laporan realisasi DD akan mempengaruhi pencairan secara keseluran. Sampai sekarang 42 desa belum menyampaikan laporan realisasi dana desanya,” jelasnya.

Terkait  laporan realisasi DD masing-masing desa ini, DPMD telah melayangkan surat berkali-kali kepada Kades, namun lagi-lagi para Kades belum secara keseluruhan memasukan berkas laporan realisasi. Muhlis berharap, dengan menjalin kerjasama lintas sektor bersama Camat dapat mengkoordinir seluruh desa dan mempercepat pemasukan laporan realisasi DD agar target-target penyerapan anggaran di desa dapat berjalan maksimal sebelum akhir tahun 2018. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut