Salahi Prosedur, Bawaslu Kepsul Copot Sejumlah APK Caleg

  • Bagikan
Penertiban APK oleh Bawaslu bersama Satpol PP, Kesbangpol dan Polres Kepsul ketika mencopot APK yang dinilai menyalahi prosedur

SANANA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kesbangpol  dan Polres Kepsul menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) para Calon Legislatif (Caleg) yang telah tersebar di sujumlah terlarang di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul). Pencopotan APK dilakukan karena pemasanganya tidak sesuai prosedur  aturan yang telah ditetapkan.

“Penertiban APK yang dilakukan ini karena tidak sesuai ketentuan, dimana setiap Caleg harus mengikuti ketentuan soal ukuran, konten dan lain yang diatur dalam percetakan baliho dan harus melalui KPU. Namun tadi kami mendahului mencopot baliho yang ada di tempat umum seperti pasar, jalan protokol, pemakaman umum dan masjid-masjid,” kata Pokja Pengawasan dan Penindakan Bawaslu Kepsul, Risman Buamona kepada wartawan, Kamis (15/11/2018).

Pencopotan APK kali ini baru dilakukan di Kecamatan Sanana dari Desa Wailau hingga Desa Mangon.  Meski begitu, masih terdapat banyak APK yang belum sempat dicopot dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Sebagian APK akan juga ditertibkan setelah kami menerima data dari KPU terkait Caleg yang telah memenuhi syarat untuk memasang baliho berdasarkan aturan, karena selama ini KPU belum pernah menyampaikan itu ke Bawaslu,” tambah Risman.

Sementara penertiban APK tingkat Kecamatan, tambah Risman, Panwascam di 11 kecamatan belum melakukan karena masih menunggu perinta dari Bawaslu berdasarkan ketentuan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut