Pilkades di Halsel, Dua Desa Raih Suara Seri

  • Bagikan
Kepala DPDM Halsel, Bustamin Soleman (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di 66 Desa yang digelar Pemerintah Halmahera Selatan (Halsel) pada Sabtu (17/11) pekan kemarin menghasilkan hasil diluar dugaan pada dua desa yakni Desa Sangapati Kecamatan Pulau Makian dan Desa Sosepe Kecamatan Obi Timur.  Penyelenggaraan Pilkades di kedua desa itu masing-masing calon kepala desa meraih suara seri.

Di desa Sangapati diikuti dua calon kepala desa, Muhammad Mustafa nomor urut 1 meraih suara 356 suara, perolehan suara yang sama diperoleh calon Kades nomor urut 2 Rustam Hi Yasin yakni 356 suara dan 4 surat suara dinyatakan tidak sah oleh panitia Pilkades. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Sangapati 860 pemilih.

Hasil seri juga terjadi di desa Sosepe Kecamatan Obi Timur dengan dua calon kepala desa yakni nomor urut 1, Musa La Baua meraih 75 suara. Perolehan suara yang sama diraih nomor urur 2, Suardi Jumati yakni 75 sura.

Kepal Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bustamin Soleman mengatakan, hasil seri yang diraih kedua calon kepala desa di kedua desa tersebut akan diselesaikan sesui dengan aturan yang sudah ditetapkan. Panitia kabupaten dan panitia pengawas segera menggelar rapat untuk memutuskan sengketa Pilkades termasuk dengan hasil seri yang terjadi di Desa Sangapati dan Desa Sosepe.

“Apakah Pilkades ulang, itu nanti diputusan karena saya tidak bisa mendahului,” ucap Bustamin kepada wartawan, Senin (19/11/2018).

Diregulasi itu kata Bustamin, dilihat dari penyebaran penduduk. Tapi rata-rata di Kabupaten Halsel ini batas RT dan RW tidak teratur. Jika penyelesaian di desa jangan sampai ada calon yang dirugikan sehingga timbul masalah.

“Di dua desa ini masing-masing satu TPS. Misalkan dua TPS bisa dihitung jumlah jiwa pilih di masing-masing TPS jumlah jiwa pilihnya berapa. Dimana jumlah jiwa pilihnya banyak si A yang menang, jiwa pilihnya kurang si B yang menang,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut