DLH Pulau Morotai Gelar FGD Penyusunan RPPLH

  • Bagikan
Pelaksanaan FGD RPPLH oleh DLH dan Unkhair Ternate

DARUBA – Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, menggelar Fokus Grup Discussion (FGD) terkait penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH). Kegiatan berlangsung di Balai Desa Darame Kecamatan Morotai Selatan, Selasa (4/12/2018).

FGD ini bertujuan untuk mengindentifikasi isu atau kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Pulau Morotai sebagai dasar RPPLH, membuat kebijakan dan program sebagai strategi untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dan menyusun dokumen RPPLH Pulau Morotai sebagaimana diatur dalam UU 32 tahun 2009, berpedoman pada RPPLH Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut).

Pemateri yang dihadirkan pada kegiatan ini berasal dari Tim Ahli RPPLH yang dipimpin Zulkifli Zam Zam bersama beberapa dosen dari Unkhair antara lain, Nuchalis Wahidin, Bahtiar, Ridwan Lessy, Zulkifli Ahamad dan Fadlan Muin. Perwakilan Pemda yakni Asisten I Muhlis Bay, Asisten II Alexander Wermasubun serta Forkompinda Pulau Morotai.

Ketua Tim RPPLH, Zulkifli Zam Zam dalam penyampaian meteri berlangsung mengaku ada tiga rencana RPPLH yang menjadi prioritas utama saat ini yaitu, RPPLH memuat rencana tentang pemanfaatan dan atau pencadangan sumber daya alam, pemeliharaan dan perlindungan kualitas atau fungsi lingkungan hidup dan yang terakhir pengendalian, pemantauan serta pendayagunaan dan pelestarian sumber daya alam.

Dikesempatan yang sama Ketua LPPM Unkhair Ternate, Nurhasanah Yusuf menyampaikan saling kerja triple helix antar kampus masyarakat dan pemerintah demi kemajuan daerah itu sendiri.

Kegiatan RPPLH meliputi lima wilayah yang ada di Kabupaten Pulau Morotai, antara lain Morotai Moro Jaya, Morotai Selatan, Morotai Selatan Barat, Morotai Timur dan Morotai Utara. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut