Tim Saber Akui Masyarakat Minim Laporkan Pungli

  • Bagikan
Plh Ketua Tim Saber Pungli Malut, Kombes Pol Sam Y K

TERNATE – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) mengakui, partisipasi masyarakat Maluku Utara (Malut) untuk melaporkan praktek Pungli masih minim.

Plh Ketua Tim Saber Pungli Malut, Kombes Pol Sam Y K mengatakan sejauh ini intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang praktek Pungli. Sosialisasi itu tidak hanya dilakukan dengan cara tatap muka melainkan juga melalui baliho dan spanduk yang dipajang di area publik.

Akan tetapi, partisipasi masyarakat untuk melaporkan adanya praktek Pungli tersebut masih kurang. Sebab, sejauh ini, belum ada laporan pengaduan masyarakat yang signifikan yang diterima oleh tim Saber Pungli.

“Tidak ada yang mau melaporkan, padahal kami juga sudah pasang spanduk. Jadi partisipasi masih minim,” kata Sam kepada wartawan, Rabu (19/12/2018).

Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Malut itu juga menyebutkan, pada awal pembentukan Tim Saber Pungli, banyak laporan pengaduan yang disampaikan masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu, laporan pengaduan hampir tidak ada lagi.

Sam mengungkapkan, tim saber pungli sejauh ini telah menangani kasus Pungli sekitar 28 kasus.

“Masyarakat yang lebih tahu situasi di lapangan, dan Pungli ini kan tindakan korupsi yang kecil-kecil. Nanti kami aktifkan sosialisasi lagi biar masyarakat bisa mengerti sehingga ada partisipasi untuk melapor,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, dalam sosialisasi, tim saber pungli juga terkendala dengan masalah anggaran. Menurutnya, pada tahun 2018, anggaran untuk sosialisasi hampir mencapai Rp 1 miliar namun pada 2019 mendatang anggarannya hanya sekitar Rp 300 juta.

“Padahal pak gubernur sebagai Ketua Tim Saber Pungli, kalau saya hanya sebagai Plh saja. Mungkin Pemda belum ada dana,” katanya mengakhiri. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut