37 Armada Gratis Disediakan Pemda Morotai

  • Bagikan
Salah satu armada angkutan gratis untuk Natal dan Tahun Baru

DARUBA – Menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai  melalui Dinas Perhubungan Pulau Morotai mengerahkan 37 armada transportasi darat secara gratis. Pelayanan ini terhitung sejak 20 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019.

Kabag Humas Pemda Pulau Morotai, H Abdul Karim mengtakan Pemda  membuka pos-pos dan Halte untuk melayani dua rute. Pos I yang berlokasi di Tugu Bintang, Desa Darame, Morotai Selatan melayani rute Morotai Selatan, hingga Kecamatan Morotai Selatan Barat. Sementara Pos II di Desa Daruba melayani Kecamatan-kecamatan di Wilayah Timur hingga Utara dan Morotai Jaya.

“Selain posko angkutan darat, Pemda juga menyiapkan Pos transportasi laut dari dan ke Pulau Rao, Morotai Selatan Barat. Untuk Pos ini terletak di Wayabula, Morotai Selatan Barat,” kata Abdul kepada KabarMalut, Senin (24/12/2018).

Menurutnya, penyedia angkutan gratis ini dilakukan Pemda Pulau Morotai sejak tahun 2016 melalui program inovatif, guna membantu masyarakat ekonomi lemah dalam menyambut hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

“Selama ini Transportasi publik menjadi persoalan di setiap daerah, tidak terkecuali di Kabupaten Pulau Morotai. Swasta maupun pelaku usaha mandiri mengambil bagian paling besar dalam ceruk pasar mobilitas darat di Morotai,” jelasnya.

Abdul menambahkan, penguasaan pangsa pasar bukan oleh badan usaha publik sehingga bersifat rivalry dan eksklusif. Hal ini yang sering menimbulkan kegagalan pasar, dimana masyarakat di desa-desa dengan pendapatan minim sulit mengjangkau tarif transportasi.

“Untuk itu sebagai wujud kepedulian kami sebagai pemerintah ingin membantu masyarakat Pulau Morotai terutama bagi masyarakat ekonomi lemah dalam menyambut hari besar seperti idul fitri, natal dan tahun batu agar masyarakat bisa menggunakan sarana yang kami siapkan saat ini dan bisa berbelanja kebutuhan Natal di Ibu Kota Kabupaten,” pungkasnya.

Pemda Pulau Morotai berharap dengan adanya transportasi gratis seperti ini masyarakat bisa terbantu dalam melakukan perjalanan pada saat Natal dan Tahun Baru. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut